Duka Pemimpin Dunia Atas Gempa Cianjur, Presiden MBZ Telepon Jokowi

Dari UEA hingga AS menyampaikan duka cita

Jakarta, IDN Times - Indonesia menerima banyak ucapan duka cita terkait tragedi gempa Cianjur yang menewaskan 268 jiwa.

Jumlah jenazah yang teridentifikasi baru 122 dan 151 orang dinyatakan hilang dan masih dalam pencarian.

Baca Juga: Jokowi Minta Daerah Terisolasi di Cianjur akibat Gempa Segera Dibuka

1. Presiden MBZ telepon Jokowi

Presiden RI Joko “Jokowi” Widodo menerima telepon langsung dari Presiden Uni Emirat Arab Sheikh Mohamed bin Zayed Al Nahyan (MBZ) atas gempa Cianjur.

“Menerima telepon dari sahabat, Presiden UEA, yang menyampaikan belasungkawa dan simpatinya atas bencana gempa bumi di Kabupaten Cianjur,” kata Jokowi yang mengunggah fotonya bersama MBZ di akun Instagramnya, Rabu (23/11/2022).

“UEA juga siap membantu dalam penanganan korban gempa. Terima kasih atas perhatian Yang Mulia Presiden MBZ,” lanjut Jokowi.

2. Ucapan duka juga datang dari Inggris hingga Amerika Serikat

Selain itu, ucapan duka cita juga datang dari Perdana Menteri Inggris Rishi Sunak. Lewat akun Twitternya, Sunak ikut merasakan derita para korban gempa.

“Saya terkejut dengan kondisi Indonesia hari ini. Baru pekan lalu, saya merasakan kehangatan langsung, ketulusan dan kebaikan orang-orang Indonesia. saya merasakan derita mereka,” tulis Sunak.

“Inggris bersama Anda @jokowi dan semua warga Indonesia di situasi sulit ini,” ujar Sunak lagi.

Tak hanya Sunak, Presiden Prancis Emmanuel Macron, Perdana Menteri Kanada Justin Trudeau dan Perdana Menteri Australia Anthony Albanese serta Menteri Luar Negeri Amerika Serikat Antony Blinken juga turut berduka atas terjadinya gempa Cianjur.

3. Korban luka mencapai 1.083 orang

Duka Pemimpin Dunia Atas Gempa Cianjur, Presiden MBZ Telepon JokowiDampak gempa mag 5.6 di Cianjur pada Senin (21/11/2022). (IDN Times/Dwita Giwangkara/bt)

Sementara, jumlah korban luka telah mencapai 1.083 orang. Sedangkan, 58.362 orang mengungsi akibat gempa bumi di Cianjur.

Sebanyak 6.570 unit rumah mengalami kerusakan berat. Lalu, 2.071 unit rumah mengalami kerusakan sedang, dan 2.641 unit rumah mengalami kerusakan ringan.

Baca Juga: PVMBG Prediksi Gempa Susulan Cianjur Baru Berakhir Satu Bulan

Topik:

  • Sunariyah

Berita Terkini Lainnya