Eks Dubes RI untuk Bulgaria Sri Astari Meninggal Dunia  

Sri Astari meninggal di Singapura

Jakarta, IDN Times - Mantan Duta Besar Republik Indonesia untuk Bulgaria, Sri Astari Rasjid, meninggal dunia pada Minggu (11/12/2022) di Singapura.

Kabar meninggalnya Sri Astari disampaikan oleh KBRI Sofia lewat akun Instagramnya di @indonesianinsofia.

1. Meninggal pada malam hari di Singapura

Dalam unggahan KBRI Sofia di Instagramnya, disebutkan bahwa Sri Astari meninggal pada 19.48 malam waktu Singapura, di Rumah Sakit Farrer Park pada Minggu (11/12/2022).

“Ibu Duta Besar pernah menjadi bagian penting dari KBRI Sofia. Semangatnya soal diplomasi budaya selalu menginspirasi kami. Duta Besar akan selalu dirindukan,” sebut pernyataan dari KBRI Sofia, Senin (12/12/2022).

Baca Juga: Lagi, KBRI Phnom Penh Selamatkan 34 WNI Korban Loker Bodong 

2. Seniman dan juga aktivis

Sri Astari dikenal sebagai seniman dan juga aktivis yang aktif. Ia kerap memperjuangkan hak-hak feminisme.

Dia dilantik Presiden RI Joko “Jokowi” Widodo untuk menjabat Duta Besar RI di Bulgaria merangkap Albania dan Makedonia Utara sejak 2016 hingga 2020.

Sri Astari juga menerima bintang penghargaan Madara Horseman 1st Degree dari Presiden Bulgaria, Rumen Radev, pada 2020 . Penghargaan ini diberikan atas kontribusi Sri Astari dalam membangun dan memperkuat hubungan bilateral Bulgaria dan Indonesia.

3. Berlatar belakang pendidikan kesenian

Sri Astari mengenyam pendidikan di Universitas Indonesia pada tahun 1973 dan mendapat gelar S1 jurusan Sastra Inggris.

Setelah itu, Sri Astari melanjutkan pendidikannya dengan mengambil jruusan Advance Painting di Minnesota University, Amerika Serikat. Pada 1988, ia juga mengambil Painting Course di Royal College of Art, London, Inggris.

Baca Juga: KBRI Resmikan Kamus Indonesia-Malagasy di Madagaskar

Topik:

  • Vanny El Rahman

Berita Terkini Lainnya