Eks PM Malaysia Mahathir Mohamad Dirawat di RS

Dikabarkan ada infeksi

Jakarta, IDN Times - Mantan Perdana Menteri Malaysia Mahathir Mohamad dilaporkan kembali dirawat di rumah sakit spesialis jantung Institut Jantung Nasional (IJN) karena infeksi.

Melansir South China Morning Post, Jumat (16/2/2024), juru bicara Mahathir mengonfirmasi bahwa Tun M, sapaannya, sudah dirawat sejak 26 Januari.

“Tun M sedang dirawat karena infeksi, menyusul waktu istirahat berikutnya untuk pemulihan,” kata jubir Mahathir.

Baca Juga: Mahathir Mohamad: Orang Melayu di Malaysia Makin Miskin 

1. Mahathir bakal hadapi sidang

Eks PM Malaysia Mahathir Mohamad Dirawat di RSMantan Perdana Menteri Malaysia, Mahathir Mohamad tiba di Nasdem Tower, Jumat (17/5/2022). Mahathir disambut oleh Ketua Umum Nasdem Surya Paloh. (IDN Times/Melani Putri)

Sementara itu, kondisi ini membuat sidang kasus dugaan pencemaran nama baik yang menjerat Mahathir ditunda. Mahathir tersandung kasus pencemaran nama baik terhadap Ahmad Zahid Hamidi.

Sidang tersebut dijadwalkan pada 13 Februari 2024. Namun pengacaranya minta sidang ditunda karena kondisi kesehatan Mahathir.

Pengadilan yang mengaku sudah mendapat surat dari IJN akan menggelar sidang pada 19 Juni, 26-27 Agustus serta 29-30 Oktober 2024.

Baca Juga: Mahathir Mohamad: Invasi Rusia karena Kecintaan Eropa pada Perang 

2. Terakhir dirawat di RS pada Agustus 2022

Mahathir terakhir dirawat di RS pada Agustus 2022, karena positif COVID-19.

Meski demikian, telah dipastikan bahwa Mahathir telah menerima setidaknya tiga dosis vaksin COVID-19, dengan suntikan terakhir pada November 2021.

Baca Juga: Pemilu Malaysia: Mahathir Mohamad Kalah Telak

3. Mahathir punya riwayat penyakit jantung

Eks PM Malaysia Mahathir Mohamad Dirawat di RSMahathir Mohamad saat menjabat Perdana Menteri Malaysia, berpidato pada pembukaan Doha Forum, di Doha, Qatar, pada 14 Desember 2019. ANTARA FOTO/Qatar News Agency/Handout via REUTERS

Mahathir memiliki riwayat penyakit jantung. Dia pernah mengalami serangan jantung dan operasi bypass pada 1989 dan 2007. Mahathir, yang kini berusia 97 tahun, juga pernah melakukan pemeriksaan medis lengkap dan observasi lanjutan sebelum menjalani prosedur medis elektif pada 8 Januari 2022.

Kala itu, tak dijelaskan pula prosedur medis apa yang dijalani Mahathir. Institut Jantung Nasional Malaysia hanya membenarkan bahwa Mahathir sedang dirawat di rumah sakit tersebut.

Topik:

  • Dheri Agriesta

Berita Terkini Lainnya