FBI: Ada Dokumen Soal Nuklir Negara Asing di Rumah Trump

Tak diungkap negara mana yang dimaksud

Jakarta, IDN Times - Biro Investigasi Federal Amerika Serikat atau FBI mengklaim telah menemukan dokumen rahasia terkait kemampuan senjata nuklir satu negara asing, ketika menggerebek rumah eks Presiden AS, Donald Trump, bulan lalu.

Penggeberekan oleh FBI di rumah pribadi Trump di Florida tersebut sehubungan dengan dugaan bahwa Trump membawa sejumlah dokumen saat keluar dari Gedung Putih.

 

Baca Juga: Rumah Donald Trump Digerebek FBI, Ada Kasus Apa?

1. Tak diketahui pasti mana negara yang dimaksud

Dilansir dari Washington Post, Rabu (7/9/2022), tim investigasi dari media tersebut mendapatkan informasi ini dari sejumlah sumber yang dirahasiakan. Namun sumber-sumber tersebut tak menyebutkan nama negara yang dokumennya dipegang Trump selama ini.

Sejak bulan lalu, The Post memberitakan bahwa FBI tengah mencari dokumen terkait nuklir negara lain saat menggerebek rumah Trump.

Baca Juga: Media Rusia Memuji Ketegangan Politik Joe Biden vs Donald Trump

2. Sejumlah dokumen penting juga ada di rumah Trump

FBI: Ada Dokumen Soal Nuklir Negara Asing di Rumah TrumpMantan Presiden Amerika Serikat Donald Trump membuka masker pelindungnya saat ia berdiri di Balkon Truman Gedung Putih setelah kembali dari rumah sakit di Walter Reed Medical Center untuk perawatan penyakit virus korona (COVID-19), di Washington, Amerika Serikat, Senin (5/10/2020) (ANTARA FOTO/REUTERS/Erin Scott)

Selain dokumen terkait nuklir negara lain ini, dokumen-dokumen penting lainnya juga ditemukan di rumah Trump. FBI menegaskan bahwa dokumen ini hanya boleh dilihat oleh tim FBI.

Sementara itu, pengacara Trump, Christina Bobb membenarkan kala itu ada sejumlah dokumen telah disita dalam penggerebekan FBI tersebut.

“Pengawasan terhadap Trump terjadi saat ia kemungkinan akan maju lagi di pemilu 2024,” kata Bobb.

Baca Juga: Biden Tuduh Trump dan Pengikutnya sebagai Ancaman Demokrasi AS

3. Trump tidak ada di rumahnya ketika FBI datang

FBI: Ada Dokumen Soal Nuklir Negara Asing di Rumah TrumpMantan Presiden Amerika Serikat Donald Trump berbicara kepada wartawan di pesawat Air Force One saat ia kembali dari New Hampshire ke Washington, Amerika Serikat, Jumat (28/8/2020) (ANTARA FOTO/REUTERS/Carlos Barria)

Saat FBI menggeledah rumahnya, Trump tidak berada di lokasi. Dia sedang berada di Trump Tower, New York.

“Rumah saya yang indah di Mar-a-Lago, Palm Beach, Florida digeberek FBI. Mereka menggeledah rumah saya,” ujar Trump dalam pernyataannya.

Saat ini, Trump sedang diselidiki oleh Kementerian Kehakiman AS terkait dua kasus yang mengaitkan dirinya, yaitu dugaan upaya pembatalan hasil pilpres 2021 lalu dan kasus pengambilan dokumen rahasia secara tidak sah.

Topik:

  • Anata Siregar

Berita Terkini Lainnya