Hari Kebebasan Pers, AS Terus Lindungi Hak Jurnalis 

AS melindungi jurnalis yang bertugas di wilayah konflik

Jakarta, IDN Times - Menteri Luar Negeri Amerika Serikat (AS) Antony Blinken mendukung perlindungan terhadap jurnalis di wilayah konflik. Ia menyebut, pemerintah AS mengambil sejumlah tindakan untuk melawan penindasan dan memperkuat kebebasan pers.

Hal ini diungkapkan Blinken pada Hari Kebebasan Pers Sedunia, (3/5/2022), lalu.

1. AS bekali jurnalis perlengkapan di wilayah konflik

Hari Kebebasan Pers, AS Terus Lindungi Hak Jurnalis Ilustrasi pers (IDN TImes/Arief Rahmat)

Blinken menegaskan, AS selalu meminta media untuk melindungi jurnalis di wilayah konflik.

“Di Ukraina, misalnya, kami membekali jurnalis dengan jaket antipeluru, kotak P3K, dan telepon satelit,” kata Blinken, dikutip dari laman website Kedutaan Besar AS di Jakarta, Jumat (6/5/2022).

AS juga mendirikan pusat pers di Lviv untuk membantu media lokal dan nasional Ukraina agar tetap dapat beroperasi.

“Kami juga menawarkan bantuan darurat dan dukungan psikososial kepada para jurnalis yang menanggung luka tak terlihat akibat liputan dari zona perang,” ujar dia.

Upaya ini berjalan seiring dengan Journalism Protection Platform yang dicanangkan AS saat Summit for Democracy beberapa bulan lalu, yang akan memberikan pelatihan kepada jurnalis berisiko dalam bidang keamanan digital dan fisik, perawatan psikososial, dan bentuk dukungan lainnya.

Baca Juga: Medsos dan Nomor HP Ketua AJI Diretas, Sekjen: Teror Kebebasan Pers  

2. AS berkomitmen dalam kebebasan pers

Hari Kebebasan Pers, AS Terus Lindungi Hak Jurnalis https://unsplash.com/

AS juga terus mengangkat profil kasus jurnalis yang menjadi sasaran karena pekerjaannya melalui setiap platform dan keterlibatan diplomatik yang dimiliki.

“Hari ini dan setiap harinya, kita selalu memikirkan nasib jurnalis Amerika, Austin Tice, yang telah ditawan di Suriah selama hampir 10 tahun atau seperempat dari masa hidupnya. Kami akan terus mengupayakan segala cara untuk dapat membebaskannya,” tutur Blinken lagi.

Baca Juga: Bertambah Lagi! Jurnalis Tewas ketika Rudal Rusia Menghantam Kiev

3. AS bantu finansial media independen

Hari Kebebasan Pers, AS Terus Lindungi Hak Jurnalis Seorang Siswa Sedang Mengedit Tulisan (pexels.com/Vlada-Karpovich)

AS berkomitmen terus membantu media independen yang menghadapi masalah finansial. “Kami memberikan bantuan keuangan langsung ke media yang menghadapi risiko. Kami bekerja sama dengan kelompok bisnis dan sektor swasta untuk membantu mereka menjadi lebih berkelanjutan secara finansial,” ucap dia.

Pada saat yang sama, AS juga memberikan bantuan keuangan untuk para reporter dan lembaga berita yang secara tidak adil menjadi sasaran litigasi akibat berita kritis yang mereka tulis. Blinken menegaskan, pers yang bebas adalah salah satu alat paling efektif yang kita miliki untuk memajukan hak asasi manusia.

Topik:

  • Anata Siregar

Berita Terkini Lainnya