India Tetapkan Satu Hari Berkabung Atas Meninggalnya Shinzo Abe 

PM India Narendra Modi kehilangan sosok teman

Jakarta, IDN Times - India mengumumkan satu hari berkabung pada Sabtu (9/7/2022) atas kematian mantan Perdana Menteri Jepang Shinzo Abe. Diketahui, Perdana Menteri India Narendra Modi memang memiliki hubungan dekat dengan Abe.

Modi memuji Abe sebagai negarawan global yang memberikan kontribusi besar untuk meningkatkan hubungan bilateral kedua negara.

Baca Juga: Jokowi Berduka Atas Kepergian Eks PM Jepang Shinzo Abe

1. Modi berduka atas meninggalnya Abe

Modi menyampaikan duka cita yang mendalam atas kepergian Abe yang cukup tragis, karena ditembak pria tak dikenal di Prefektur Nara ketika sedang berpidato.

“Saya terkejut dan sedih atas kematian tragis salah satu teman tersayang saya, Shinzo Abe. Dia adalah seorang negarawan global, seorang pemimpin luar biasa. Dia mendedikasikan hidupnya untuk membuat Jepang dan dunia menjadi lebih baik,” kata Modi, dilansir dari Hindustan Times, Sabtu (9/7/2022).

Abe memberikan kontribusi yang cukup besar untuk meningkatkan hubungan India dan Jepang. Modi menegaskan, seluruh rakyat India berduka atas kematian Abe.

2. India menetapkan satu hari berkabung atas wafatnya Abe

India Tetapkan Satu Hari Berkabung Atas Meninggalnya Shinzo Abe ANTARA FOTO/REUTERS/Issei Kato

Modi juga mengumumkan bahwa India menetapkan satu hari berkabung pada hari ini untuk memperingati perginya Abe.

“Sebagai tanda hormat kami yang terdalam, hari berkabung nasional akan diperingati pada 9 Juli 2022,” ucap Modi.

Bendera nasional India akan dipasang setengah tiang di seluruh bangunan di India untuk tanda berkabung, dan tidak ada perayaan atau acara hiburan di India selama hari ini.

3. Modi mengingat momennya bersama Abe

India Tetapkan Satu Hari Berkabung Atas Meninggalnya Shinzo Abe Perdana Menteri India Narendra Modi, Presiden Indonesia Joko Widodo, Perdana Menteri Jepang Shinzo Abe dan Perdana Menteri Laos Thongloun Sisoulith menghadiri KTT Asia Timur (EAS) di Bangkok, Thailand, pada 4 November 2019. ANTARA FOTO/REUTERS/Athit Perawongmetha

Modi mengingat sejumlah pertemuan terakhirnya dengan Abe selama kunjungannya ke Jepang baru-baru ini. Ia mengunggah fotonya dengan Abe saat bertemu di Tokyo.

“Abe baru saja mengambil alih posisi ketua Asosiasi Jepang-India, dia selalu bersemangat untuk memperkuat hubungan bilateral,” tutur Modi.

Modi mencatat, hubungannya dengan Abe tak hanya sebatas pemimpin negara, melainkan juga teman baik.

“Saya mengenalnya sejak sebelum saya menjadi PM. Persahabatan kami berlanjut ketika kami sama-sama menjadi PM. Wawasannya sangat tajam tentang ekonomi dan urusan global, selalu membuat saya terkesan,” ucap Modi lagi.

Ketika Modi mengunjungi Jepang pada Oktober 2018, Abe menjamu Modi dengan makan malam pribadi di kediamannya di Prefektur Yamanashi. Disebut jika Abe menjamu seorang kepala negara di kediamannya, maka ada hubungan yang dekat antara mereka berdua.

Baca Juga: Profil Shinzo Abe, PM Jepang Terlama yang Tewas Tertembak

Topik:

  • Sunariyah

Berita Terkini Lainnya