Indonesia Banyak Bantu Sekreariat ASEAN 

ASEAN punya sekjen baru

Jakarta, IDN Times - ASEAN kini punya sekretaris jenderal yang baru. Ialah Kao Kim Hourn dari Kamboja yang menggantikan Lim Jock Hoi.

Sebelum menyerahkan jabatan, Lim menyampaikan terima kasihnya kepada Indonesia, karena sebagai tuan rumah dan lokasi di mana Sekretariat ASEAN berada, Indonesia disebut banyak membantu.

Baca Juga: Menlu: Indonesia Ingin ASEAN Tetap Relevan 

1. Kuatnya peran Indonesia untuk ASEAN

Indonesia Banyak Bantu Sekreariat ASEAN Sekretaris Jenderal ASEAN, Lim Jock Hoi (youtube.com/Sekretariat FCPI)

Lim, yang menjabat sejak 2018 lalu, mengatakan bahwa selama dirinya bertugas di Jakarta, pemerintah Indonesia sangat membantu kinerja Sekretariat ASEAN. Ia juga mengucapkan terima kasih atas kerja sama para negara anggota dan mitra ASEAN.

"Saya menghargai dukungan kuat dari Indonesia terhadap ASEAN. Peran Indonesia benar-benar sangat kuat bagi kami di Sekretariat ASEAN," kata Lim, dalam pidato terakhirnya di ASEC, Jakarta, Senin (9/1/2023).

Baca Juga: Menlu RI: ASEAN Tak Boleh Didikte Junta Myanmar!

2. RCEP jadi salah satu prestasi Lim Jock Hoi selama menjabat

Indonesia Banyak Bantu Sekreariat ASEAN Sekretaris Jenderal ASEAN, Lim Jock Hoi. (youtube.com/ASEAN Secretariat)

Sejumlah prestasi pun telah diukir Lim selama lima tahun menjabat sebagai Sekjen ASEAN, salah satunya adalah Regional Comprehensive Economic Partnership (RCEP). Menurut dia, RCEP adalah perjanjian perdagangan bebas paling ringan di dunia.

"Kerja sama RCEP sangat baik saat ini dan diadopsi secara terbuka dengan cara mengambil suara masing-masing negara anggota," ungkap Lim, yang berasal dari Brunei Darusalam.

Ia menuturkan, kerja sama ekonomi berkelanjutan ini sangat penting bagi ASEAN.

"Tanpa dorongan dan tekad kuat anggota ASEAN, inisiatif ini tidak akan tercapai dan berhenti di tengah jalan," ucapnya lagi.

Baca Juga: Keketuaan Indonesia di ASEAN 2023, Hadapi Masalah Cukup Berat 

3. Dukungan Lim Jock Hoi untuk keketuaan Indonesia di ASEAN

Indonesia Banyak Bantu Sekreariat ASEAN Sekretaris Jenderal ASEAN, Lim Jock Hoi di 40th UNCLOS Conference. (IDN Times/Sonya Michaella)

Lim juga menyampaikan dukungannya kepada keketuaan Indonesia di ASEAN tahun ini. Keketuaan Indonesia sendiri sudah berjalan per 1 Januari 2023.

"Saya yakin, ASEAN semakin kuat di kepemimpinan Indonesia," tegasnya.

Topik:

  • Anata Siregar

Berita Terkini Lainnya