Indonesia Gelar Rangkaian Pertemuan Menlu ASEAN di Jakarta

Rangkaian pertemuan telah dimulai dari hari ini

Jakarta, IDN Times - Indonesia akan menyelenggarakan rangkaian pertemuan The ASEAN Foreign Ministers' (AMM) Retreat di Sekretariat ASEAN, Jakarta. Rangkaian pertemuan telah dimulai hari ini hingga 4 Februari 2023.

Menteri Luar Negeri RI Retno Marsudi akan memimpin AMM Retreat yang dilaksanakan pada 4 Februari 2023. Pertemuan AMM ini merupakan pertemuan Menteri Luar Negeri ASEAN pertama di masa Keketuaan Indonesia di ASEAN tahun 2023.

1. Diawali dengan pertemuan SOM

Indonesia Gelar Rangkaian Pertemuan Menlu ASEAN di JakartaLogo keketuaan Indonesia di ASEAN 2023. (Youtube Setpres RI)

AMM Retreat akan diawali dengan Pertemuan Pejabat Tinggi (Senior Officials' Meeting) ASEAN (2 Februari 2023), dan ASEAN Coordinating Council ke-32 (3 Februari 2023).

Dalam rangkaian pertemuan ini, akan dibahas beberapa agenda, termasuk diantaranya prioritas Keketuaan Indonesia dan tindak lanjut hasil-hasil KTT ASEAN ke-40 dan 41 di tahun 2022.

Baca Juga: Menlu Retno: ASEAN Wajib Bantu Myanmar Keluar dari Krisis

2. Kinerja dan kerja sama ASEAN akan diperkuat

Indonesia Gelar Rangkaian Pertemuan Menlu ASEAN di JakartaBendera ASEAN. (setnas-asean.id)

Keketuaan Indonesia mengangkat tema “ASEAN Matters: Epicentrum of Growth". Indonesia akan mendorong upaya kerja sama ASEAN yang semakin kuat dalam merespon berbagai tantangan kawasan dan global seperti rivalitas geopolitik, dampak berkelanjutan pandemi dan bencana alam, krisis keuangan, krisis energi, krisis pangan.



Indonesia juga terus bertekad menjaga stabilitas dan perdamaian di kawasan Indo-Pasifik, melalui pendekatan paradigma kolaborasi. ASEAN Outlook on the Indo Pacific (AOIP), merupakan prakarsa Indonesia, yang diadopsi oleh para pemimpin ASEAN pada bulan Juni 2019 dan bertujuan untuk menjaga stabilitas kawasan melalui kemitraan, dialog dan kerja sama.

3. Myanmar dan Indo Pasifik jadi salah satu isu yang disorot

Indonesia Gelar Rangkaian Pertemuan Menlu ASEAN di JakartaTwitter.com/Myanmar Now

Konflik Myanmar dan isu Indo Pasifik menjadi salah satu isu yang akan selalu ada di keketuaan Indonesia di ASEAN tahun ini.

selama keketuaan Indonesia di ASEAN, akan ada empat flagship event, dalam kerangka ASEAN-Indo Pacific Forum.

“Di dalam ASEAN Indo-pacific Forum itu akan ada empat kegiatan utama. Satu terkait creative economy, yang kedua digital economy for SDGs untuk sustainable development goals, yang ketiga adalah business and investment summit, dan yang keempat adalah infrastruktur,” ucap Retno, beberapa waktu lalu.

“Jadi kalau dari penjelasan saya tadi ini akhirnya akan menyatu menjadi upaya untuk memperkuat Asia Tenggara sebagai epicentrum of growth. Jadi, cerita besarnya seperti itu,” lanjutnya.

Untuk Myanmar, Indonesia tetap mendukung perdamaian dan demokrasi di Myanmar pulih kembali melalui mekanisme Lima Poin Konsensus. Myanmar kabarnya tetap diundang dalam pertemuan kali ini, namun bukan dalam level politik.

Baca Juga: Indo Pasifik, Salah Satu Fokus Keketuaan RI di ASEAN 2023

Topik:

  • Dwifantya Aquina

Berita Terkini Lainnya