Indonesia Terus Komitmen Bantu Pengungsi Palestina 

UNRWA saat ini sedang kesulitan keuangan

Jakarta, IDN Times - Indonesia menegaskan komitmennya untuk tetap membantu pengungsi Palestina. Hal ini diungkapkan Menteri Luar Negeri RI Retno Marsudi.

Menlu Retno mengajak dunia internasional untuk bekerja sama membantu UNRWA (Badan PBB untuk Bantuan Pengungsi Palestina), terutama karena badan itu kini menangani sekitar lima juta pengungsi Palestina.

Baca Juga: Suaranya soal Palestina Dibungkam, Karyawan Google Pilih Hengkang 

1. Pengungsi Palestina berhak menikmati hidup layak

Indonesia Terus Komitmen Bantu Pengungsi Palestina Menlu RI Retno Marsudi di Pertemuan Tingkat Menlu untuk Badan Pengungsi Palestina. (dok. Kemlu)

Menlu ungkapkan pula keprihatinan akan sikap dunia internasional yang seakan menganggap nasib pengungsi Palestina sebagai sesuatu yang normal.

“Indonesia selalu teguh dukung aktivitas UNRWA (badan PBB yang bertugas membantu pengungsi Palestina) dan bantu pengungsi Palestina,” kata Menlu Retno, dalam keterangan tertulis Kementerian Luar Negeri RI, Jumat (23/9/2022).

‘”Padahal para pengungsi Palestina berhak menikmati hidup layaknya kehidupan yang kita jalani’,” tegas dia.

Baca Juga: 3 Anggota Hamas Tewas akibat Penembakan di Kamp Pengungsi Palestina

2. UNRWA mengalami kesulitan keuangan

Indonesia Terus Komitmen Bantu Pengungsi Palestina Penyaluran bantuan UNRWA untuk pengungsi Palestina. (twitter.com/UNRWA)

UNRWA, atau United Nations Relief and Works Agency for Palestine Refugees in the Near East, memulai aktivitasnya pada 1950, untuk membantu warga Palestina yang mengungsi akibat pembentukan Israel. Saat ini UNRWA mengalami kesulitan keuangan.

Guna mencari solusi atas kesulitan UNRWA, pertemuan tingkat menteri diselenggarakan, diketuai bersama oleh Menlu Swedia, Anne Linde, dan Menlu Jordania, Ayman Safadi.

Baca Juga: Krisis Pangan, Pengungsi Palestina Butuh Bantuan Keuangan Mendesak

3. Menlu Retno menekankan semua pihak harus bantu UNRWA

Indonesia Terus Komitmen Bantu Pengungsi Palestina Anak Palestina menarik gerobak yang ditumpangi saudaranya saat mengungsi dari konflik bersenjata Israel dan milisi Palestina di Jalur Gaza, Palestina, Jumat (14/5/2021). (ANTARA FOTO/REUTERS/Mohammed Salem/foc.)

Menlu Retno menyatakan ada dua hal yang dapat dilakukan untuk membantu UNRWA. Indonesia selalu memberikan dukungan atas perpanjangan mandat UNRWA dan kontribusi keuangan.

“Untuk hal ini, Indonesia dukung rencana Sekretaris Jenderal untuk tingkatkan anggaran UNRWA melalui kontribusi wajib,” tuturnya,

Menlu Retno, sekali lagi, menegaskan bahwa dukungan kepada UNRWA merupakan bagian dari upaya solusi damai terhadap isu Palestina.

Topik:

  • Anata Siregar

Berita Terkini Lainnya