Inggris Batal Pindahkan Kedutaan Besarnya ke Yerusalem 

Rencana ini sempat diutarakan Liz Truss

Jakarta, IDN Times - Perdana Menteri Inggris Rishi Sunak mencabut keputusan pemindahan kedutaan besar Inggris di Israel, dari Tel Aviv ke Yerusalem.

“Tidak ada rencana saat ini untuk mengubah lokasi kedutaan kami di Israel,” kata salah satu juru bicara Dowming Street, dikutip dari Middle East Eye, Kamis (3/11/2022).

Baca Juga: RI Apresiasi Keputusan Australia Batal Akui Yerusalem

1. Sempat ada rencana pemindahan kedutaan

Inggris Batal Pindahkan Kedutaan Besarnya ke Yerusalem Yair Lapid dalam sebuah acara mendukung hak-hak LGBTQ. Foto diunggah pada 10 Juni 2022 di Twitternya dengan tulisan "happy pride". (Twitter.com/Yair Lapid)

Perdana menteri Inggris sebelumnya yakni Liz Truss sempat mempertimbangkan rencana pemindahan kedutaan besar Inggris dari Tel Aviv ke Yerusalem, pada September 2022 lalu. Truss juga menyatakan akan menguatkan kerja sama Inggris dan Israel, salah satunya dengan pemindahan kedutaan.

Rencana ini kembali diangkat Truss saat bertemu Perdana Menteri Israel Yair Lapid di Sidang Majelis Umum PBB di New York, AS.

Baca Juga: Inggris Mau Pindahkan Kedutaan di Israel ke Yerusalem, Palestina Marah

2. Palestina menyambut baik keputusan Inggris

Inggris Batal Pindahkan Kedutaan Besarnya ke Yerusalem Dome of the Rock terlihat di latar belakang saat warga Palestina berkumpul di halaman yang dikenal oleh Muslim sebagai "Noble Sanctuary" (Tempat Suci Mulia) dan untuk Yahudi sebagai "Temple Mount", untuk merayakan peringatan kelahiran Nabi Muhammad SAW di Kota Tua Yerusalem, Kamis (29/10/2020) (ANTARA FOTO/REUTERS/Ammar Awad)

Sementara itu, Duta Besar Palestina untuk Inggris, Husam Zomlot menyambut baik keputusan Sunak tersebut.

“Pertanyaan tentang lokasi kedutaan Inggris seharusnya tidak pernah ditanyakan sejak awal,” ujarnya.

Ia menambahkan, memindahkan kedutaan besar dari Tel Aviv ke Yerusalem adalah melanggar hukum dan tidak bertanggung jawab.

Baca Juga: Rusia Panggil Dubes Belanda soal Rekrutmen Intel Inggris

3. Pemindahan kedutaan ke Yerusalem berarti mendukung pendudukan Israel

Inggris Batal Pindahkan Kedutaan Besarnya ke Yerusalem Duta Besar AS untuk Israel, David M. Friedman, berfoto di depan Kantor Kedubes AS di Kota Yerusalem. twitter.com/USAmbIsrael

Dewan Muslim Inggris sempat mengecam keputusan Liz Truss kala itu. Mereka mengatakan, jika Inggris memindahkan kedutaannya ke Yerusalem, berarti Inggris mengakui pendudukan Israel atas Yerusalem Timur.

Namun sejumlah negara telah menyatakan akan memindahkan kedutaannya ke Yerusalem, antara lain Amerika Serikat, Kosovo, Honduras dan Guatemala.

Topik:

  • Anata Siregar

Berita Terkini Lainnya