Comscore Tracker

Ingin Majukan Bangsa, ASEAN-India Luncurkan Kerja Sama Pendidikan

Peluncuran digelar di Sekretariat ASEAN

Jakarta, IDN Times - ASEAN dan India baru saja meluncurkan kerja sama pendidikan bertajuk ASEAN-India Network of Universities (AINU). Peluncuran ini bertujuan untuk menaikkan pendidikan di kawasan dan juga memajukan bangsa ASEAN dan India.

Duta Besar India untuk ASEAN Jayant Khobragade mengatakan, peluncuran AINU ini bertepatan dengan 30 tahun peringatan hubungan kerja sama ASEAN dan India.

1. AINU merupakan inisiatif dari PM India

Ingin Majukan Bangsa, ASEAN-India Luncurkan Kerja Sama PendidikanDuta Besar India untuk ASEAN, Jayant K (IDN Times/Sonya Michaella)

Jayant menambahkan, inisiatif pembentukan kerja sama dan pemberian beasiswa ini datang dari Perdana Menteri India, Narendra Modi.

"Inisiatif yang datang dari PM Modi ini diharapkan bisa membentuk sebuah ekosistem melalui universitas di India dan ASEAN bersama dengan Universitas Nalanda sebagai lembaga sentral," kata Jayant, dalam pidato pembukaannya di Sekretariat ASEAN, Jakarta, Senin (29/8/2022).

AINU sendiri akan menawarkan program kerja sama lewat pertukaran fakultas antar kampus yang ada di ASEAN dan India. Cukup banyak fokus yang ditawarkan, antara lain Sains dan Teknologi, Humaniora, Kebudayaan, Ekonomi Biru dan masih banyak lagi.

Baca Juga: ASEAN-India Bakal Intensifkan Kerja Sama di Indo-Pasifik

2. Pentingnya hubungan antar masyarakat ASEAN dan India

Ingin Majukan Bangsa, ASEAN-India Luncurkan Kerja Sama PendidikanSekretaris Jenderal ASEAN, Lim Jock Hoi (youtube.com/Sekretariat FCPI)

Sementara itu, Sekretaris Jenderal ASEAN, Lim Jock Hoi, menyambut baik peluncuran kerja sama ini. Lim mengatakan, kerja sama pendidikan ini juga bisa meningkatkan hubungan people to people contact antara ASEAN dan India.

"Peluncuran kerja sama ini menunjukkan minat kerja sama dari India dengan ASEAN, serta menggarisbawahi pentingnya people to people contact dalam kerja sama kami," tegas Lim.

Kerja sama ini, lanjut dia, juga bisa membantu ASEAN untuk mengatasi tantangan-tantangan regional dan global yang ada saat ini.

"Saya senang bahwa jaringan universitas ASEAN dan India akan menyediakan wadah bagi orang-orang yang akan berkolaborasi," ujar dia lagi.

3. Memainkan peran penting di kawasan dan global

Ingin Majukan Bangsa, ASEAN-India Luncurkan Kerja Sama PendidikanPeluncuran AINU di ASEAN Secretariat. (IDN Times/Sonya Michaella)

Dengan adanya kerja sama ini, Lim berharap akan tercipta penelitian dan inovasi baru, pengetahuan baru dan peningkatan kapasitas di kawasan termasuk fakultas di universitas-universitas ASEAN.

"Kerja sama ini juga memungkinkan adanya penelitian regional dan global untuk memainkan peran penting," kata dia.

Lim juga yakin bahwa kerja sama ini akan meningkatkan kualitas para mahasiswa di ASEAN, maupun India.

Baca Juga: Menlu Retno Hadiri Pertemuan ASEAN-India, Tegaskan Toleransi 

Topic:

  • Ilyas Listianto Mujib

Berita Terkini Lainnya