Comscore Tracker

Israel-Palestina Bentrok Lagi di Al-Aqsa, 30 Orang Terluka 

Ini adalah bentrokan kedua sejak pekan lalu.

Jakarta, IDN Times - Bentrokan antara polisi Israel dan warga Palestina kembali pecah di kompleks Masjid Al-Aqsa, Yerusalem, Jumat (22/4/2022).

Bentrokan ini adalah yang kedua kalinya tepat sepekan setelah bentrokan pertama yang terjadi pada Jumat pekan lalu, sekitar setelah salat Subuh, waktu setempat. Kericuhan pertama pada pekan lalu melukai 158 warga Palestina.

Baca Juga: Marah soal Serangan di Al-Aqsa, Erdogan Telepon Presiden Israel

1. Puluhan orang terluka

Israel-Palestina Bentrok Lagi di Al-Aqsa, 30 Orang Terluka (Ilustrasi) ANTARA FOTO/REUTERS/Ammar Awad

Seorang petugas medis yang berada di dalan kompleks masjid mengatakan, 30 orang terluka akibat semprotan merica dan peluru karet yang mengenai lengan dan kaki mereka.

Dilansir dari Al Jazeera, Jumat (22/4/2022), sejumlah media Palestina melaporkan bahwa jamaah Muslim diserang terlebih dahulu oleh polisi Israel. Menanggapi serangan ini, para pemuda Palestina melemparkan batu ke arah pasukan Israel.

Baca Juga: Menlu Lapid: Israel Tidak Akan Mengubah Status Quo di Yerusalem

2. Saling serang antara Israel dan Palestina

Israel-Palestina Bentrok Lagi di Al-Aqsa, 30 Orang Terluka Pengunjuk rasa Palestina mengikuti unjuk rasa untuk menunjukkan solidaritas mereka ditengah pertempuran Israel-Gaza, di Kota Tua Yerusalem, Selasa (18/5/2021). ANTARA FOTO/REUTERS/Ammar Awad/FOC.

Sementara itu, pasukan Israel dilaporkan menembakkan granat kejut, peluru karet dan menyemprotkan merica ke warga Palestina.

Selain batu, warga Palestina juga menembakkan kembang api dari Masjid Al-Qibly ke orang-orang Yahudi yang melewati kompleks.

Baca Juga: Indonesia Kecam Keras Serangan Israel di Masjid Al Aqsa

3. PBB minta Israel-Palestina menahan diri

Israel-Palestina Bentrok Lagi di Al-Aqsa, 30 Orang Terluka Sekjen PBB Antonio Guterres (un.org)

Sekretaris Jenderal PBB Antonio Guterres menyampaikan keprihatinannya atas insiden yang terjadi sejak pekan lalu ini. Dia menegaskan telah melakukan kontak dengan pihak-pihak terkait untuk meminta agar kedua belah pihak menahan diri.

Pada Maret 2022, pasukan Israel menewaskan setidaknya 29 warga Palestina dalam serangan di Tepi Barat.

Topic:

  • Anata Siregar

Berita Terkini Lainnya