Jokowi Tutup KTT, Presidensi G20 Diserahkan ke India

Dengan ini, Presidensi Indonesia di G20 sudah berakhir

Bali, IDN Times - Presiden Republik Indonesia, Joko “Jokowi” Widodo, resmi menutup gelaran KTT G20 di Nusa Dua, Bali pada Rabu (16/11/2022). 

“Sekali lagi saya ucapkan terima kasih, selamat jalan dan have a safe drive. Dengan ini saya nyatakan KTT G20 di Bali, Indonesia, ditutup,” kata Jokowi, sambil mengetok palu.

Bersamaan dengan itu, kepemimpinan G20 pun diserahkan ke India. Jokowi memberikan palu tersebut langsung ke Perdana Menteri India Narendra Modi.

Joint communique KTT G20 pun telah diadopsi. Salah satu pernyataan bersama yang disepakati adalah mengecam invasi Rusia ke Ukraina.

“Sebagian besar anggota negara G20 mengecam keras perang di Ukraina dan menekankan hal tersebut menyebabkan penderitaan manusia yang luar biasa,” sebut pernyataan bersama G20 dalam dokumen yang diterima IDN Times.

“Kami menegaskan kembali posisi nasional kami sebagaimana juga dinyatakan dalam forum lain, termasuk Dewan Keamanan PBB dan Majelis Umum PBB, yang, dalam Resolusi No. ES-11/1 tanggal 2 Maret 2022, telah disetujui dengan suara terbanyak (141 suara setuju, 5 melawan, 35 abstain, 12 absen) sangat menyesalkan agresi oleh Federasi Rusia melawan Ukraina dan menuntutnya secara lengkap dan tanpa syarat penarikan dari wilayah Ukraina,” lanjut komunike itu.

Topik:

  • Vanny El Rahman

Berita Terkini Lainnya