Kanada Tetapkan Hari Pemakaman Ratu Elizabeth sebagai Libur Nasional

Pemakaman Ratu digelar 19 September mendatang.

Jakarta, IDN Times - Perdana Menteri Kanada, Justin Trudeau, menyatakan bahwa hari pemakaman Ratu Elizabeth II pada 19 September 2022 akan menjadi hari libur nasional.

“Penduduk Kanada di seluruh negeri akan memberi hormat kepada penguasa terlama yang dimiliki Kanada, Ratu Elizabeth II, pada 19 September nanti,” kata Trudeau, dikutip dari CBC, Rabu (14/9/2022).

1. Wajib libur hanya untuk pemerintahan federal

Kanada Tetapkan Hari Pemakaman Ratu Elizabeth sebagai Libur NasionalPerdana Menteri Kanada, Justin Trudeau. (twitter.com/Justin Trudeau)

Namun, Trudeau hanya mewajibkan libur untuk menghormati Ratu, kepada seluruh pegawai pemerintahan federal. Sementara untuk pemilik perusahaan, termasuk pemerintahan provinsi dan wilayah, tidak wajib mengikuti aturan ini.

“Untuk sebagian besar penduduk Kanada, beliau adalah satu-satunya Ratu yang kita ketahui dan kita rasakan kasih sayang mendalam serta apresiasi dan dedikasinya kepada Kanada,” ungkap Trudeau lagi.

Kanada juga mengumumkan 10 hari masa berkabung Ratu Elizabeth II. Trudeau mengatakan, sang ratu adalah tokoh favoritnya dan memastikan dirinya akan hadir pada upacara pemakaman di Inggris.

Baca Juga: Dubes RI Jadi Tamu Pertama Tanda Tangan di Buku Duka Ratu Elizabeth 

2. Sejumlah provinsi menyatakan tak ada hari libur

Kanada Tetapkan Hari Pemakaman Ratu Elizabeth sebagai Libur NasionalQuebec yang mengesankan (www.quebec-cite.com)

Sementara itu, Perdana Menteri Quebec, Francois Legault, menyatakan meski pemerintah pusat memperingati hari libur di 19 September nanti, provinsi tidak akan libur.

Ontario, Saskatchewan, dan Manitoba juga telah memutuskan tidak akan libur pada 19 September nanti.

Sementara, Nova Scotia serta Newfoundland dan Labrador mengumumkan akan bergabung dengan pemerintah federal, dengan menjadikan 19 September sebagai hari libur provinsi.

3. Jenazah Ratu akan diletakkan di Westminster Hall

Kanada Tetapkan Hari Pemakaman Ratu Elizabeth sebagai Libur NasionalGedung Westminster di tepi Sungai Thames, London, yang merupakan kantor parlemen Inggris Raya. (Unsplash.com/Ugur Akdemir)

Hari ini, peti jenazah Ratu Elizabeth rencananya akan dipindahkan ke Aula Westminster dari Istana Buckingham, dengan iringan parade militer dan anggota keluarga kerajaan.

Di Westminster, jenazah Ratu Elizabeth akan disemayamkan selama empat hari dan warga Inggris diperbolehkan untuk memberikan penghormatan terakhir.

Setelah itu, jenazah Ratu akan dimakamkan di Kapel St. George di Kastil Windsor, pada 19 September 2022, pekan depan.

Baca Juga: Raja Charles III Pimpin Penghormatan ke Jenazah Ratu Elizabeth II

Topik:

  • Vanny El Rahman

Berita Terkini Lainnya