KBRI London Gelar Halal Bihalal, Bawa Suasana Indonesia 

Ada sajian khas Nusantara, loh!

Jakarta, IDN Times - Cuaca dingin di tengah hujan yang turun sejak pagi hari, tidak menyurutkan semangat 1.800 Warga Negara Indonesia (WNI) dan diaspora Indonesia di Inggris serta Irlandia untuk salat Idul Fitri dan halal bihalal di KBRI London pada Jumat, 21 April 2023.

Bertempat di Wisma Nusantara, London, ini kali pertama KBRI menggelar acara Idul Fitri tanpa pembatasan pandemik COVID-19.

“Alhamdulillah, acara ini bisa kembali terlaksana berkat dukungan seluruh WNI dan diaspora kita di Inggris dan Irlandia. Perayaan kali ini tenutnya dimanfaatkan masyarakat untuk silahturahmi, guyub dan rukun,” kata Duta Besar RI untuk Inggris, Desra Percaya, dalam keterangan yang diterima IDN Times, Senin (24/3/2023).

1. Ada sajian kuliner Nusantara

KBRI London Gelar Halal Bihalal, Bawa Suasana Indonesia Kuliner Nusantara di Halal Bihalal Idul Fitri KBRI London. (dok. KBRI London)

Layaknya suasana Lebaran di Indonesia, sajian kuliner khas tanah air berhasil membawa suasana kampung halaman ke London. Para peserta dapat menikmati hidangan rendang, lontong sayur, opor ayam, dan lapis legit.

Hiburan dalam acara ini dimeriahkan oleh penampilan diaspora Indonesia mulai dari Annisa Rebana, Kece Band, serta kolaborasi trio Zefan - Ledi - Marlon.

Baca Juga: Cerita WNI Puasa di London: Rindu Takjil ala Indonesia 

2. WNI dan diaspora diingatkan untuk jaga diri dan persaudaraan

KBRI London Gelar Halal Bihalal, Bawa Suasana Indonesia Dubes RI untuk Inggris Desra Percaya bersama WNI. (dok. KBRI London)

Khotbah tahun ini dibawakan oleh Prof. Dr. Ali Aziz, Guru Besar UIN Sunan Ampel yang mengambil tema “4K” (kaya hati, kaya harta, kaya ilmu dan kaya wawasan). Para WNI dan diaspora diingatkan pentingnya menjaga diri dan persaudaraan di rantau, serta menimba sebanyak-banyaknya ilmu danhal positif selama di Inggris.

"Senang sekali dapat bertemu dengan teman-teman, rasanya benar-benar seperti di Indonesia," kata Affin, salah satu mahasiswa yang tengah menjalankan studi di Leeds.

3. KBRI London sempat Open Iftar setiap hari Sabtu

KBRI London Gelar Halal Bihalal, Bawa Suasana Indonesia Suasana halal bihalal KBRI London. (dok. KBRI London)

Acara salat Idul Fitri dan Halal Bihalal ini merupakan puncak dari rangkaian kegiatan amaliyah dalam rangka Ramadhan - Idul Fitri 1444H yang diselenggarakan oleh KBRI London. Kegiatan ini menjadi wadah pertemuan dan mempererat tali persaudaraan di antara masyarakat Indonesia yang berada di Inggris dan Irlandia.

Pada bulan Ramadan, KBRI London bahkan sempat mengadakan Open Iftar setiap hari Sabtu, di mana banyak WNI, pelajar dan diaspora yang datang untuk berbuka puasa bersama.

Baca Juga: Lampion Ramadan Menyala di London untuk Pertama Kalinya! 

Topik:

  • Ilyas Listianto Mujib

Berita Terkini Lainnya