KBRI Seoul Gelar Salat Idul Fitri dan Halal Bihalal

Namun terbatas untuk keluarga KBRI dan perwakilan organisasi

Jakarta, IDN Times - KBRI Seoul menggelar salat Idul Fitri dan halal bihalal secara terbatas bagi keluarga besar staf KBRI Seoul dan undangan yang terdiri dari perwakilan organisasi dan paguyuban masyarakat.

Salat Id dipimpin oleh Ustad Dede Ishaq Munawwar dari Masjid Al Falah Seoul yang dilanjutkan dengan khotbah dan doa bersama.

Dalam khotbahnya, Ustad Dede menyampaikan pentingnya peran umat Muslim Indonesia di Korea Selatan dalam menjaga harmoni hubungan dengan masyarakat Korea dan masyarakat asing lainnya yang berada di Korea Selatan (Korsel).

Baca Juga: KBRI Seoul Bantu Binus Jalin Kerja Sama dengan Kampus Artis Korsel

1. WNI di Korsel harus saling tolong menolong

KBRI Seoul Gelar Salat Idul Fitri dan Halal BihalalPerayaan salat Id dan halal bihalal di KBRI Seoul. (dok. KBRI Seoul)

Dalam sambutannya, Duta Besar RI untuk Korsel Gandi Sulistiyanto mendorong agar masyarakat Indonesia di Korea selalu saling tolong menolong dalam suasana kekeluargaan dan persahabatan.

“WNI juga kiranya menaati peraturan hukum dan keimigrasian yang berlaku di Korea, serta menjaga keharmonisan baik dengan sesama warga Indonesia maupun dengan warga Korea dan komunitas internasional di Korsel,” kata Gandi, dalam keterangannya kepada IDN Times, Senin (24/4/2023).

Hal ini pada gilirannya akan dapat menjaga citra Indonesia yang positif sebagai negara terbesar di ASEAN, Anggota G20, dan masyarakat muslim terbesar yang demokrat di mata pemerintah dan masyarakat Korea. Apalagi pada tahun 2023 ini Indonesia dan Korea merayakan 50 tahun persahabatan kedua negara.

Baca Juga: Idul Fitri 1444 H, Kepala KDEI: Jaga Nama Baik Indonesia di Taiwan

2. Rangkaian Ramadan dari KBRI Seoul

KBRI Seoul Gelar Salat Idul Fitri dan Halal BihalalDubes RI untuk Korsel Gandi Sulistiyanto. (dok. KBRI Seoul)

Selama bulan Ramadan, KBRI Seoul mengadakan serangkaian kegiatan antara lain Safari Ramadan di empat kota di Korea, yaitu Pohang, Changwon, Pyeongtek, dan Daejeon, masingmasing pada tanggal 1, 2, 8, dan 9 April 2023.

Pada kegiatan Safari Ramadhan, KBRI Seoul menyampaikan bantuan sosial kepada masyarakat di daerah tersebut.

 

Baca Juga: KBRI London Gelar Halal Bihalal, Bawa Suasana Indonesia 

3. KBRI juga gelar buka puasa bersama

KBRI Seoul Gelar Salat Idul Fitri dan Halal BihalalPerayaan salat Id dan halal bihalal KBRI Seoul. (dok. KBRI Seoul)

KBRI juga telah menyelenggarakan kegiatan buka puasa Bersama yang diselenggarakan pada tanggal 15 April 2023 guna menjalin dan mempererat silaturahmi antar warga Indonesia di Korea Selatan.

Kegiatan Buka Puasa Bersama dilaksanakan secara terbatas dengan mengundang perwakilan masyarakat Indonesia di Korea, antara lain Forum Komunikasi Masyarakat Indonesia di Korea (Forkomasi), Perhimpunan Pelajar Indonesia di Korea (PERPIKA), dan Komunitas Muslim Indonesia (KMI).

Ada pula organisasi Perkawinan Campuran Indonesia-Korea (PERCIK), Indonesian Muslim Students Society in Korea (IMUSKA), Asosiasi Pengusaha Indonesia di Korea (APINKOR), serta organisasi lainnya.

Topik:

  • Anata Siregar

Berita Terkini Lainnya