Comscore Tracker

Kecelakaan Bus Jemaah Umrah di Arab Saudi, Tidak Ada WNI Jadi Korban 

Bus ini mengangkut jemaah umrah

Jakarta, IDN Times - Sebuah bus yang mengangkut jemaah umrah menabrak jembatan di Arab Saudi. Insiden ini terjadi di Provinsi Asir, yang berbatasan dengan Yaman.

Usai menabrak jembatan, bus ini terbalik dan terbakar. Setidaknya 20 orang dilaporkan tewas dan 29 orang lainnya terluka.

Baca Juga: Arab Saudi dan Suriah Beri Sinyal Perbaikan Hubungan Diplomatik

1. Tidak ada WNI jadi korban

Kecelakaan Bus Jemaah Umrah di Arab Saudi, Tidak Ada WNI Jadi Korban Direktur PWNI Kementerian Luar Negeri RI Judha Nugraha. (IDN Times/Sonya Michaella)

Direktur Perlindungan Warga Negara Indonesia (WNI) Kementerian Luar Negeri RI Judha Nugraha mengonfirmasi bahwa tidak ada WNI yang menjadi korban dalam kecelakaan ini.

“Sesuai komunikasi antara KJRI Jeddah dengan pihak RS Ashir Central Hospital (RS rujukan korban kecelakaan), tidak ada WNI yang menjadi korban pada kecelakaan dimaksud,” kata Judha, dalam keterangannya, Rabu (29/3/3023).

Baca Juga: Indonesia Sambut Baik Normalisasi Hubungan Iran-Arab Saudi 

2. Kecelakaan disebabkan masalah rem bus

Sejumlah media Saudi menyebutkan bahwa kecelakaan disebabkan oleh rem bus, tanpa merinci masalah yang dimaksud.

Sejumlah warga negara asing juga disebutkan menjadi korban tewas dalam insiden ini. Kecelakaan bus ini terjadi pada pekan pertama bulan Ramadan.

Baca Juga: Iran-Arab Saudi Berdamai, Buka Lagi Hubungan Diplomatik 

3. Kerap terjadi kecelakaan bus yang mengangkut jemaah umrah

Kecelakaan Bus Jemaah Umrah di Arab Saudi, Tidak Ada WNI Jadi Korban Ilustrasi kecelakaan (IDN Times/Sukma Shakti)

Kecelakaan bus yang mengangkut jemaah umrah dan haji masih kerap terjadi di Arab Saudi. Pada 2016 silam, sekitar 19 orang tewas karena bus yang mereka tumpangi terbalik di jalan raya yang menghubungkan Madinah dan Mekkah.

Selain itu, kecelakaan kembali terjadi ketika bus pengangkut jemaah umrah dan haji menabrak truk tangki bahan bakar pada April 2018 dan menewaskan empat jemaah haji asal Inggris.

Topic:

  • Anata Siregar

Berita Terkini Lainnya