Kim Jong-un: Korut Terus Perkuat Rudal Balistik 

Kim Jong-un berpidato di Hari Tentara Rakyat Korea

Jakarta, IDN Times - Tak terlihat di parade militer peringatan 90 tahun Hari Tentara Rakyat Korea, pemimpin Korea Utara (Korut) Kim Jong-un akhirnya muncul dan memberikan pidato.

Kim bersumpah untuk terus memperkuat senjata nuklir Korut sebagai simbol kekuatan negaranya.

Baca Juga: Tak Terlihat di Parade Militer Korut, ke Mana Kim Jong-un?

1. Pidato Kim Jong-un di Hari Tentara Rakyat Korea

Kim Jong-un: Korut Terus Perkuat Rudal Balistik Petugas parade memberi hormat selama parade militer yang memamerkan persenjataan baru berlangsung. Foto: KCNA via Reuters

Kim Jong-un muncul dan berpidato di peringatan Hari Tentara Rakyat Korea. Parade militer ini digelar pada malam hari, Senin 25 April waktu setempat.

“Kami akan terus memperkuat dan mengembangkan kemampuan nuklir Korut dengan kecepatan tertinggi," tegas Kim, dikutip dari BBC, Selasa (26/4/2022).

Pada Maret 2022 lalu, Korut diketahui telah meluncurkan uji coba rudal ICBM terbesar, untuk pertama kalinya sejak 2017. Hal ini tentu memicu kecaman dari dunia internasional.

2. Dunia harus siap dengan rudal Korut

Kim Jong-un: Korut Terus Perkuat Rudal Balistik Penampilan rudal balistik antar benua terbaru dan terbesar milik Militer Korut dalam parade militer di Kota Pyongyang, 10 Oktober 2020. /twitter.com/martyn_williams

Tak hanya itu, Kim juga menegaskan bahwa dunia internasional harus siap dengan kekuatan nuklir Pyongyang.

“Dunia tampaknya harus siap bahwa Korut bisa meluncurkan uji coba rudal kapan saja,” kata Kim.

Seiring dengan pidatonya, parade militer Korut juga menampilkan pasukan terjun payung dan rudal terbesar Korut, Hwasong-17 serta rudal balistik hipersonik.

3. Parade militer dipenuhi kembang api

Kim Jong-un: Korut Terus Perkuat Rudal Balistik Pemimpin Korea Utara, Kim Jong-un, tampil dalam parade militer Korea Utara. (Twitter.com/JosephHDempsey)

Untuk menandai selesainya parade militer, kembang api ditembakkan di langit Pyongyang sekitar pukul 11.36 malam waktu setempat.

Sejak sore hari, kendaraan militer khas Korut juga terlihat berkumpul di Pyongyang. Puluhan anak muda yang membawa bendera Korut serta wanita yang mengenakan pakaian tradisional Korea berkumpul di alun-alun.

Sebelumnya, militer Korea Selatan sempat melaporkan bahwa Kim Jong-un tak terlihat di parade militer tersebut.

Baca Juga: Kim Jong Un Dipuji sebagai Patriot, Pemikir Handal, dan Komandan Top

Topik:

  • Sunariyah

Berita Terkini Lainnya