KJRI Sydney Gelar Perayaan HUT RI di Taronga Zoo

Kebun binatang terbesar di Sydney bernuansa merah putih

Jakarta, IDN Times - Ada yang istimewa dengan Taronga Zoo di Sydney, Australia, pada bulan Agustus ini. Betapa tidak, atas dukungan penuh KJRI Sydney, sejak awal Agustus lalu kebun binatang terbesar di kota Sydney ini berhiaskan dekorasi bernuansa merah putih di salah satu bagiannya, yakni Tiger Trek.

Bagian ini merupakan tempat konservasi harimau Sumatera yang sejak lima tahun lalu sengaja dirancang menyerupai kawasan Taman Nasional Way Kambas di Lampung.

1. Peringatan HUT RI ke-77 di kebun binatang Taronga

KJRI Sydney Gelar Perayaan HUT RI di Taronga ZooKonsul Jenderal RI untuk Sydney, Vedi Kurnia Buana. (dok. KJRI Sydney)

Selain itu, dari mulai hutan hujan tropis hingga gerobak mie ayam, warung kelontong, gapura selamat datang, dan tambal ban ada di tempat ini. Kentalnya nuansa Indonesia tersebut yang kemudian melatarbelakangi KJRI Sydney bekerja sama dengan Taronga Zoo untuk merayakan peringatan HUT ke-77 RI.

Dalam acara spesial yang diselenggarakan di Tiger Trek Ranger Station yang juga berkolaborasi dengan Indonesian Diaspora Network New South Wales (IDN NSW), Konsul Jenderal RI untuk Sydney, Vedi Kurnia Buana, menggarisbawahi hubungan baik antara Indonesia dan Australia yang telah terjalin sejak lama.

“Saat ini, Australia merupakan salah satu mitra penting Indonesia dalam bidang perdagangan, investasi, dan pariwisata,” ujar Konjen Vedi dalam keterangan tertulis KJRI Sydney yang diterima IDN Times, Rabu (17/8/2022).

Ia menambahkan bahwa kolaborasi perayaan HUT RI ke-77 kali ini tidak hanya merefleksikan kuatnya people-to-people Indonesia dan Australia, tetapi juga menekankan pentingnya konservasi Harimau Sumatera.

“Saya mengajak para hadirin untuk turut merayakan keberadaan Harimau Sumatera dengan cara turut berpartisipasi dalam upaya konservasinya,” tutur dia.

Baca Juga: Dalam Rangka Kemerdekaan RI, Sociolla Gelar Kampanye Love Local

2. Tiger Trek merupakan simbol kuat hubungan Indonesia dan Australia

KJRI Sydney Gelar Perayaan HUT RI di Taronga ZooDekorasi Taronga Zoo menyambut HUT RI ke-77. (dok. KJRI Sydney)

Direktur Eksekutif Taronga Zoo, Simon Duffy, menyampaikan bahwa Tiger Trek merupakan simbol kuatnya hubungan Taronga Zoo, Australia, dan Indonesia.

“Sejak dibuka tahun 2017, Tiger Trek telah dikunjungi setidaknya 4,3 juta pengunjung,” ujar Simon. Secara khusus, Simon mengapresiasi pemerintah Indonesia yang telah berupaya maksimal dalam menurunkan tingkat deforestasi hingga 75 persen sejak krisis moneter akhir tahun 1990-an.

Acara semakin meriah dengan adanya penampilan Tari Merak oleh Sisca Poeradiredja dari kelompok tari Srikandi Indonesia yang turut memukau para hadirin.

3. Menu makanan Indonesia yang digemari warga Australia

KJRI Sydney Gelar Perayaan HUT RI di Taronga ZooMenu nasi goreng di Taronga Zoo. (dok. KJRI Sydney)

Acara perayaan HUT RI di Taronga Zoo mendapatkan respon sangat positif, tidak hanya dari masyarakat dan diaspora Indonesia, tetapi juga masyarakat Australia.

Pada perayaan HUT RI kali ini, Taronga Zoo menyediakan menu spesial, yakni Nasi Goreng Merdeka, yang bisa diperoleh di Taronga Food Market.

“Nasi goreng ini sangat lezat,” kata Leanne, seorang warga negara Australia, yang turut mencicipi hidangan tersebut. Senada dengan Leanne, Adam mengungkapkan bahwa menu Nasi Goreng Merdeka sangat enak dan cocok dengan lidah warga Australia.

Perayaan HUT RI di Taronga Zoo merupakan bagian dari rangkaian kegiatan peringatan HUT ke-77 RI oleh KJRI Sydney. Sejumlah kegiatan perlombaan telah dilaksanakan, antara lain turnamen sepak bola Piala Merdeka, lomba tenis meja, kompetisi esports Mobile Legends, lomba fotografi, dan lomba menyanyi lagu nasional/daerah. Adapun kegiatan yang akan dilaksanakan dalam waktu dekat, yakni Upacara Bendera, Layanan EAZY Passport, dan Gowes Bersama.

Baca Juga: 7 Rekomendasi Film Bertema Patriotisme untuk Sambut HUT RI

Topik:

  • Dwi Agustiar

Berita Terkini Lainnya