Korea Selatan Luncurkan Strategi Baru Indo Pasifik, Apa Itu?

Korsel umumkan konsep barunya di KTT ASEAN bulan lalu

Jakarta, IDN Times - Korea Selatan (Korsel) akhirnya meluncurkan konsep strategi independen Indo Pasifik untuk keamanan dan kemakmuran kawasan. Strategi ini diumumkan oleh Presiden Korsel Yoon Suk Yeol saat menghadiri KTT ASEAN di Phnom Penh, Kamboja pada 11 November 2022 lalu.

Choi Shin-hye, seorang diplomat Korsel yang ditempatkan di Jakarta mengonfirmasi bahwa konsep strategi ini bakal mengimplenetasi tiga poin dasar yaitu kebebasan, kemakmuran dan perdamaian kawasan.

1. Indo Pasifik versi Korsel sebagai bagian dari diplomasi

Korea Selatan Luncurkan Strategi Baru Indo Pasifik, Apa Itu?Choi Shin-hye, diplomat Korsel yang sedang ditempatkan di Jakarta. (Youtube FPCI)

Choi mengatakan, konsep ini memang dibentuk sebagai bagian dari diplomasi Negeri Gingseng, yang didasari oleh kebebasan dan solidaritas.

“Konsep strategi ini ada tiga poin antara lain inklusivitas, kepercayaan dan kemakmuran,” kata Choi, dalam workshop Indonesian Next Generation Journalist Network on Korea yang digelar oleh Foreign Policy Community of Indonesia (FPCI) dan Korea Foundation di Hotel Westin, Jakarta, Senin (5/12/2022).

Choi mengungkapkan, pesan penting yang disampaikan Yoon kala mengumumkan konsep ini adalah meningkatkan kerja sama Korsel dengan ASEAN di tingkat yang lebih tinggi lagi. Para pemimpin ASEAN pun menerima dan terbuka dengan konsep bawaan Korsel ini.

Baca Juga: Hallyu, Jembatan Kerja Sama Ekonomi Digital RI dan Korsel  

2. Sejalan dengan prinsip ASEAN

Korea Selatan Luncurkan Strategi Baru Indo Pasifik, Apa Itu?Bendera ASEAN. (setnas-asean.id)

Selain itu, prinsip-prinsip Korsel yang dituang dalam konsep baru ini, menurut Choi, sangat sejalan dengan prinsip ASEAN yaitu inklusivitas.

“Dalam proses ini, Korsel juga terus mendukung Sentralitas ASEAN dan ASEAN Outlook on the Indo Pacific (AOIP) untuk kemakmuran kawasan,” tutur Choi.

Salah satu alasan Yoon mempresentasikan konsep Indo Pasifik ini ke ASEAN adalah karena ASEAN memang cukup penting perannya bagi Korsel.

“ASEAN merupakan mitra utama Korsel. Kemauan kami sangat tinggi untuk bekerja sama dengan ASEAN terutama Indonesia. Beberapa poin strategi kami pun memiliki kesamaan dengan prinsip Indonesia, yaitu kebebasan, demokrasi dan mengedepankan hak asasi,” ujar Choi lagi.

 

3. Konsep lengkap akan diumumkan pekan depan

Korea Selatan Luncurkan Strategi Baru Indo Pasifik, Apa Itu?Presiden Korea Selatan Yoon Suk-yeol saat menyaksikan peluncuran roket Nuri dari kantornya di Seoul pada Selasa (21/6/2022) waktu setempat. (instagram.com/sukyeol.yoon)

Sementara itu, Kementerian Luar Negeri Korsel menyatakan bahwa Korsel akan merilis konsep lengkap strategi independen Indo Pasifik ini pekan depan.

Dilansir dari Yonhap, Kamis (22/12/2022), elemen kunci dari strategi ini pertama kali digagas oleh Yoon di mana ia menyoroti sejumlah strategi untuk kemakmuran di kawasan di tengah meningkatnya persaingan Amerika Serikat dan China.

 

Baca Juga: KTT ASEAN-RoK, Jokowi: Ekonomi Hijau Kunci Masa Depan ASEAN

Topik:

  • Dwifantya Aquina

Berita Terkini Lainnya