Kronologi Helikopter Presiden Iran dan Menlu Iran Jatuh di Pegunungan

Helikopter ditemukan dengan kondisi hancur

Jakarta, IDN Times - Sebuah helikopter yang mengangkut Presiden Iran Ebrahim Raisi dan Menteri Luar Negeri Iran Hossein Amirabdollahian, jatuh di daerah pegunungan wilayah Provinsi Azerbaijan Timur, utara Iran.

Laporan terakhir menunjukkan bahwa lokasi jatuhnya helikopter ini berjarak sekitar 100 kilometer dari Kota Tabriz, dekat sebuah desa bernama Tavil. Helikopter yang digunakan Presiden Iran jatuh diduga lantaran cuaca buruk dan kabut tebal kala itu.

Dilansir dari Al Jazeera, Senin (20/5/2024), helikopter ini jatuh saat membawa Raisi dan rombongan pejabat pemerintah Iran kembali dari Provinsi Azerbaijan Timur ke Teheran, usai meresmikan sebuah bendungan di wilayah perbatasan itu.

Menurut sejumlah laporan media Iran, helikopter diduga jatuh sekitar pukul 13.00 waktu setempat. Ada dua helikopter lain yang terbang bersamaan dengan helikopter Raisi dan berhasil tiba di Iran dengan selamat.

Sejumlah pejabat Iran mengaku sempat berkomunikasi dengan orang-orang yang bersama Raisi di dalam helikopter. Sebelumnya juga sempat ada panggilan darurat dari helikopter tersebut.

Saat ini beberapa media Iran melaporkan bahwa Raisi, Amirabdollahian serta Gubernur Provinsi Azerbaijan Timur - Iran, Malek Rahmati dan perwakilan Pemimpin Tertinggi Iran untuk Azerbaijan Timur, Ayatollah Mohammad Ali Ale-Hashem yang ada di dalam helikopter yang sama, dipastikan tewas lantaran wujud helikopter yang ditemukan hancur.

Baca Juga: Puing Helikopter Ditemukan, Presiden Iran Dikhawatirkan Tewas

Topik:

  • Dwi Agustiar
  • Mohamad Aria

Berita Terkini Lainnya