Kuota Haji Indonesia 221 Ribu, Ini Imbauan dari Dubes RI di Arab Saudi

Kloter pertama diperkirakan berangkat Mei 2023

Jakarta, IDN Times - Arab Saudi mengembalikan kuota haji Indonesia sebanyak 221 ribu jamaah haji. Hal ini diungkapkan oleh Duta Besar RI untuk Arab Saudi, Abdul Aziz Ahmad.

"Kuota haji Indonesia yang diberikan Arab Saudi adalah 221 ribu jamaah. Kuota itu terdiri atas jamaah haji reguler 203.320 jamaah, jamaah khusus 17.680 dan petugas haji 4.200 orang," kata Abdul, dikutip dari YouTube KBRI Riyadh, Kamis (12/1/2023).

Keberangkatan kloter pertama haji dari Indonesia diperkirakan akan dimulai pada Mei 2023.

Baca Juga: Kuota Haji 2023 Jadi 221 Ribu, Simak Tips Ini saat Ajukan Paspor

1. Kuota haji Indonesia kembali ke kuota awal

Kuota Haji Indonesia 221 Ribu, Ini Imbauan dari Dubes RI di Arab SaudiDuta Besar RI untuk Arab Saudi, Abdul Aziz Ahmad. (Dok. KBRI Riyadh)

Abdul mengatakan, kuota haji Indonesia ini sudah kembali ke kuota awal, bahkan lebih tinggi dari pada kuota haji pada 2019, semasa dunia belum mengalami pandemik COVID-19.

"Haji tahun 2023 ini, kuotanya pulih seperti sedia kala, yaitu 221 ribu jamaah. Kuota ini lebih besar dari pada kuota 2018, di mana jamaah Indonesia kuotanya 218.150 jamaah," ucap Abdul.

Tercatat, kuota tahun lalu turun 50 persen dari kuota yang seharusnya yaitu hanya 100.051 jamaah haji.

Baca Juga: Sah! Indonesia Dapat 221 Ribu Kuota Jemaah Haji Tahun 2023

2. Tidak ada pembatasan usia di musim haji 2023

Kuota Haji Indonesia 221 Ribu, Ini Imbauan dari Dubes RI di Arab SaudiIlustrasi Masjidil Haram, Makkah, Arab Saudi (ANTARA FOTO/REUTERS/Yasser Bakhsh)

Selain itu, Abdul memastikan bahwa Saudi tidak akan membatasi usia jamaah haji di musim tahun ini. Calon jamaah haji yang berusia di atas 65 tahun sudah diperbolehkan naik haji, sesuai ketentuan yang berlaku.

"Pada tahun ini, tidak ada pembatasan usia bagi calon jamaah haji. Karena tahun lalu ada pandemik, jadi dibatasi usianya. Saat itu, syarat usia di bawah 65 tahun," tutur Abdul.

"Tentu KBRI Riyadh sangat mengapresiasi transformasi yang dilakukan oleh Saudi di bawah pemerintahan Raja Salman dan Pangeran Mohamad bin Salman," lanjut dia.

Baca Juga: Sah! Indonesia Dapat 221 Ribu Kuota Jemaah Haji Tahun 2023

3. Imbauan KBRI untuk calon jamaah haji

Kuota Haji Indonesia 221 Ribu, Ini Imbauan dari Dubes RI di Arab SaudiIlustrasi Ka'bah di Mekkah, Arab Saudi (ANTARA FOTO/REUTERS/Yasser Bakhsh)

Abdul, sebagai kepala perwakilan RI di Riyadh, juga mengimbau agar calon jamaah haji Indonesia mempersiapkan diri dengan baik, secara jasmani, kesehatan dan rohani.

"Kami mengimbau calon jamaah haji untuk mengikuti semua ketentuan dan persiapan keberangkatan yang ditetapkan pemerintah Indonesia. Ketika sampai di Saudi, kami mengimbau jamaah haji menaati semua peraturan di Saudi," tegas Abdul.

 

Topik:

  • Anata Siregar

Berita Terkini Lainnya