Labuan Bajo Ditargetkan Jadi Lokasi KTT ASEAN

Pemerintah ingin mempromosikan kawasan lain di Indonesia

Jakarta, IDN Times - Labuan Bajo digadang-gadang akan menjadi tempat dilaksanakannya KTT ASEAN 2023 yang kini keketuaannya dipegang oleh Indonesia. Tahun lalu, sebagai presiden G20, Indonesia menjadikan Bali sebagai lokasi perhelatan KTT G20.

Indonesia menjabat keketuaan ASEAN per 1 Januari 2023 lalu. KTT ASEAN sendiri akan digelar selama dua kali yakni bulan Mei dan September.

1. Mempromosikan kawasan lain di Indonesia

Labuan Bajo Ditargetkan Jadi Lokasi KTT ASEANDirektur Jenderal ASEAN Kementerian Luar Negeri RI, Arto Suryodipuro. (IDN Times/Sonya Michaella)

Direktur Jenderal Kerjasama ASEAN Sidharto Suryodipuro mengatakan, meski belum ditentukan secara resmi, tetapi Labuan Bajo adalah salah satu lokasi yang memiliki kans besar untuk penyelenggaraan KTT.

“Belum secara resmi, tapi memang Labuan Bajo salah satu tempat yang punya kans besar jadi lokasi penyelenggaraan KTT. Ini menjadi prioritas dan perhatian pemerintah terhadap berbagai wilayah lain di Indonesia,” kata Arto, biasa ia disapa, dalam jumpa pers di Kementerian Luar Negeri RI, Kamis (19/1/2023).

Menurut Arto, ada kepentingan untuk menarik perhatian dunia kepada wilayah lain, dan Labuan Bajo salah satu target utamanya.

Baca Juga: Timor Leste Perdana Ikut Pertemuan Menlu ASEAN Bulan Depan 

2. Pertemuan Menlu ASEAN pertama digelar di Jakarta

Labuan Bajo Ditargetkan Jadi Lokasi KTT ASEANGedung Sekretariat ASEAN (ASEC). (twitter.com/ASEAN)

Sementara itu, Arto juga mengonfirmasi bahwa pertemuan Menteri Luar Negeri ASEAN pertama akan digelar di Jakarta, pada 3-4 Februari 2023 mendatang.

Untuk pertama kalinya pula, Timor Leste akan mengirim menteri luar negerinya untuk mengikuti pertemuan Menlu ASEAN yang akan digelar di Sekretariat ASEAN ini.

Pertemuan menlu ASEAN ini akan mengawali rangkaian keketuaan Indonesia di ASEAN 2023.

3. Timor Leste juga akan ikut KTT ASEAN

Labuan Bajo Ditargetkan Jadi Lokasi KTT ASEANPresiden Jokowi terima kunjungan kerja Presiden Republik Demokratik Timor Leste, José Ramos-Horta di Istana Bogor (dok. Sekretariat Presiden)

Di keketuaan Indonesia tahun ini, ASEAN pun memiliki anggota baru, yaitu Timor Leste. Indonesia juga menjadi salah satu negara yang sejak awal mendukung masuknya Timor Leste ke ASEAN. 

Masuknya Timor Leste ini disepakati para pemimpin ASEAN saat KTT ASEAN ke-40 dan 41 di Phnom Penh, Kamboja. 

"Kami, pada prinsipnya, setuju mengakui Timor Leste sebagai anggota kesebelas ASEAN," demikian bunyi pernyataan bersama pemimpin ASEAN yang dikeluarkan kala itu.

Namun, keanggotaan Timor Leste ini memang belum penuh di mana Timor Leste bakal diberi status sebagai observer dan memperbolehkan Timor Leste mengikuti semua pertemuan ASEAN tahun ini, termasuk KTT. 

Baca Juga: Ini 5 Fakta Keketuaan Indonesia di ASEAN 2023 

Topik:

  • Dwifantya Aquina

Berita Terkini Lainnya