Longsor Salju di Himalaya, 4 Pendaki Tewas dan 26 Hilang 

Sementara 12 orang berhasil diselamatkan

Jakarta, IDN Times - Setidaknya4 pendaki tewas tertimbun longsoran salju di Pegunungan Himayala, India. Sementara 26 pendaki lainnya dinyatakan hilang.

Kelompok pendaki ini dilaporkan sedang berlatih navigasi di Pegunungan Himalaya. Seketika mereka tertimbun longsoran salju saat turun dari puncak, arah negara bagian utara Uttarakhand.

Namun media lokal menyebutkan, bahwa korban tewas telah bertambah menjadi 10 orang. Total rombongan pendaki ini dilaporkan ada 42 orang.

1. Upaya pencarian sempat dihentikan karena salju turun lagi

Dilansir dari Al Jazeera, Rabu (5/10/2022), upaya pencarian korban hilang sempat dihentikan. Pasalnya hujan salju kembali turun cukup deras dan menghalangi jarak pandang.

“Masih banyak yang terjebak di jurang, dan bisa saja jumlah korban tewas meningkat,” kata salah satu anggota tim penyelamat.

Kelompok ini merupakan peserta pelatihan dari Nehru Institute of Mountaineering, Uttarkashi, yang tidak jauh dari lokasi pendakian. Ironisnya, mereka tertimbun salju ketika telah turun dari puncak.

Baca Juga: Pria Asal Tangerang Bakal Main Angklung di Puncak Himalaya  

2. Angkatan Udara India dikerahkan untuk penyelamatan

Sementara itu, Menteri Pertahanan India Rajnath Singh mengerahkan Angkatan Udara untuk melakukan upaya penyelamatan dengan pengintaian udara di lokasi longsor salju terjadi.

“Sangat sedih dengan hilangnya nyawa karena longsor yang melanda pendakian gunung ini,” kata Singh.

Baca Juga: Terowongan di Pegunungan Himalaya India Ambrol, 10 Pekerja Tewas

3. Sebanyak 12 orang selamat

Longsor Salju di Himalaya, 4 Pendaki Tewas dan 26 Hilang Potret pendakian ke Pegunungan Himalaya (instagram.com/nimsdai)

Pasukan Tanggap Bencana Negara mengatakan bahwa total ada 42 anggota yang mendaki Himalaya. Saat ini, empat orang dipastikan tewas dan baru saja 12 orang telah berhasil diselamatkan.

Kelompok pendaki ini juga terjebak di jurang setelah tertimbun longsoran salju di Gunung Drupadi ka Danda-II setinggi 5.670 meter.

Topik:

  • Rendra Saputra

Berita Terkini Lainnya