Majelis Umum PBB Gelar Sidang soal Aneksasi Rusia Pekan Depan

193 negara bakal memberikan suara

Jakarta, IDN Times - Majelis Umum Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) akan menggelar sidang pekan depan untuk membahas pencaplokan Rusia atas empat wilayah Ukraina.

Sidang yang digolongkan sebagai sidang darurat ini rencananya akan digelar pada Senin, 10 Oktober 2022 mendatang.

1. Resolusi soal aneksasi Rusia akan dibahas

Majelis Umum PBB Gelar Sidang soal Aneksasi Rusia Pekan DepanIlustrasi assemby hall di markas PBB (www.instagram.com/@unitednations)

Juru bicara Majelis Umum PBB, Paulina Kubiak mengatakan, bahwa sidang pekan depan akan membahas resolusi soal aneksasi Rusia. Resolusi tersebut saat ini sedang digodok.

“193 negara anggota akan memberikan suara terkait resolusi tersebut, setelah Rusia memveto resolusi di Dewan Keamanan, pekan lalu,” katanya, dikutip dari Strait Times, Rabu (5/10/2022).

Kubiak menambahkan, sidang darurat ini digelar atas permintaan Ukraina dan Albania. Rencananya sidang digelar pada pukul 15.00 sore waktu New York.

Baca Juga: Korut Dukung Aneksasi Rusia ke 4 Wilayah Ukraina 

2. Uni Eropa juga sedang menggodok resolusi soal Rusia

Majelis Umum PBB Gelar Sidang soal Aneksasi Rusia Pekan DepanBendera Uni Eropa dan beberapa bendera anggota dari Uni Eropa. (Pixabay.com/Dusan_Cvetanovic)

Menurut sumber-sumber diplomatik anonim, Uni Eropa kini juga sedang menggodok resolusi yang bakal menghantam Rusia. Resolusi ini disusun blok tersebut bersama Ukraina dan negara anggotanya.

Jika resolusi tersebut disetujui, Moskow diperkirakan akan semakin terisolasi di panggung global.

Di samping itu, awal tahun ini, Majelis Umum PBB telah mengeluarkan tiga resolusi soal invasi Rusia.

Baca Juga: Rusia Veto Resolusi DK PBB soal Kecaman Aneksasi Wilayah Ukraina

3. Rusia memveto resolusi DK PBB soal aneksasi

Majelis Umum PBB Gelar Sidang soal Aneksasi Rusia Pekan Depanpotret presiden Rusia, Vladimir Putin (pixabay.com/ Dimitro Sevastopol)

Rusia memberikan hak veto pada Resolusi Dewan Keamanan Perserikatan Bangsa-Bangsa (DK PBB) soal aneksasi Rusia terhadap empat wilayah Ukraina. Resolusi ini diusulkan oleh Amerika Serikat dan Albania. Akibat diveto Rusia, resolusi ini pun gagal diadopsi. 

Sebelumnya, Presiden Rusia, Vladimir Putin memproklamirkan empat wilayah Ukraina, yakni Kherson, Zaphorizhzhia, Donetsk, dan Luhansk timur menjadi bagian dari kedaulatan Rusia.

Keempat wilayah ini juga menggelar referendum dan hasilnya hampir 100 persen semua warganya ingin bergabung dengan Moskow.

Topik:

  • Rendra Saputra

Berita Terkini Lainnya