Comscore Tracker

Malaysia akan Pangkas Jam Kerja jadi 45 Jam Sepekan

Malaysia merupakan negara dengan jam kerja tinggi di ASEAN

Jakarta, IDN Times - Pemerintah Malaysia berniat mengurangi jam kerja dari 48 jam hingga 45 jam dalam sepekan.

Rencana pengurangan jam kerja ini dilakukan setelah amandemen UU Ketenagakerjaan Tahun 1955 dibuat untuk kesejahteraan pekerja. Amandemen ini juga sejalan dengan Konvensi Organisasi Perburuhan Internasional (ILO).

Baca Juga: Pengadilan Malaysia Dengar Banding Kasus 1MDB Eks PM Najib Razak

1. Jam kerja lebih fleksibel

Malaysia akan Pangkas Jam Kerja jadi 45 Jam SepekanIlustrasi jalanan protokol di Kuala Lumpur, Malaysia (IDN Times/Santi Dewi)

Dalam amandemen ini disebutkan, karyawan akan bekerja dengan jam yang lebih fleksibel. Mereka juga dapat memilih lokasi, waktu, dan hari kerja.

“Bersabarlah sepekan lagi. Saya akan membuat pengumuman khusus,” kata Menteri Sumber Daya Manusia Malaysia, M Saravanan, dikutip dari Channel News Asia, Sabtu (20/8/2022).

Namun, digadang-gadang pengurangan jam kerja ini tak akan berlaku dalam waktu dekat.

2. Pemerintah didesak menunda pengurangan jam kerja

Malaysia akan Pangkas Jam Kerja jadi 45 Jam SepekanIlustrasi Malaysia (IDN Times/Santi Dewi)

Sementara itu, Federasi Pengusaha Malaysia (MEF) mendesak pemerintah untuk menunda pengurangan jam kerja pada 1 September 2022.

Menurut badan tersebut, pengusaha sedang bekerja keras untuk memulihkan bisnis mereka usai pandemik COVID-19. Jika jam kerja dikurangi, tentu akan mempengaruhi proses tersebut.

“Pengusaha harus diberi waktu untuk mengatur dan memulihkan bisnis mereka yang terkena dampak parah, karena pembatasan terkait COVID-19 pada 2020 dan 2021,” ucap Presiden MEF Syed Hussain Syed Husman.

3. Negara-negara ASEAN punya jam kerja terlama di dunia

Malaysia akan Pangkas Jam Kerja jadi 45 Jam Sepekanilustrasi rekan kerja (pexels.com/ThisIsEngineering)

Menurut laporan ILO, negara-negara ASEAN merupakan negara dengan jam kerja terlama di dunia. Dari 10 negara dengan jam kerja terlama tersebut, 9 berasal dari Asia.

Myanmar dan Malaysia merupakan negara ASEAN yang memiliki jam kerja tertinggi dan masuk ke peringkat atas, yaitu 48 jam sepekan.

Sementara peringkat pertama diduduki Qatar dengan menghabiskan hampir 49 jam dalam sepekan.

Topic:

  • Sunariyah

Berita Terkini Lainnya