Menlu Slovenia Dukung Peran Indonesia di ASEAN 

Slovenia juga mendukung keketuaan Indonesia di ASEAN 2023

Jakarta, IDN Times - Menteri Luar Negeri Slovenia Tanya Fajon mendukung keketuaan dan peran aktif Indonesia di ASEAN. Hal itu disampaikan Fajon saat bertemu Menteri Luar Negeri RI Retno Marsudi.

“Kami melihat kesuksesan Indonesia di G20 dan kini kami mendukung peran dan keketuaan Indonesia di ASEAN,” kata Fajon, dalam pernyataan pers di Kementerian Luar Negeri RI, Jakarta, Rabu (24/5/2023).

Selain membahas hubungan bilateral kedua negara, Retno dan Fajon sempat membahas isu global yang sedang mendapat perhatian.

Baca Juga: 9 Fakta Menarik Ljubljana, Ibu Kota Slovenia dengan Lambang Naga

1. Retno jelaskan situasi Myanmar dan peran Indonesia di ASEAN

Menlu Slovenia Dukung Peran Indonesia di ASEAN Menteri Luar Negeri RI Retno Marsudi. (IDN Times/Sonya Michaella)

Dalam kesempatan tersebut, Retno juga memaparkan informasi soal keketuaan Indonesia di ASEAN, kondisi di Myanmar, dan soal isu Indo-Pasifik.

“Saya sampaikan soal Myanmar, ASEAN dengan tegas menyatakan terus mendorong kemajuan implementasi Lima Poin Konsensus (5PC),” ujar Retno.

Baca Juga: 10 Potret Hal Menarik dan Mencolok Mata di Slovenia!

2. Slovenia diundang ke Indo-Pacific Forum tahun ini

Menlu Slovenia Dukung Peran Indonesia di ASEAN Peta Indo Pasifik. (dok. Istimewa)

Retno juga mengundang Slovenia untuk hadir dalam ASEAN-Indo-Pacific Instrastructure Forum yang akan digelar pada September 2023, bersamaan dengan KTT ASEAN ke-43.

Retno dan Fajon juga membicarakan soal kesamaan visi di wilayah Indo Pasifik, untuk kondisi yang stabil dan damai serta Indo Pasifik sebagai pusat pertumbuhan ekonomi.

Baca Juga: Retno Terima Kunjungan Menlu Slovenia, Ini Hal yang Dibahas

3. Tren perdagangan yang meningkat antar dua negara

Menlu Slovenia Dukung Peran Indonesia di ASEAN ilustrasi perusahaan dagang (Pexels/Pixabay)

Sementara itu, dalam konteks hubungan bilateral, tren perdagangan antara kedua negara juga meningkat sebanyak 14,71 persen dalam lima tahun terakhir.

“Dan tahun lalu, nilai perdagangan meningkat sebesar 45,4 persen,” ujar Retno.

Retno dan Fajon sepakat menjajaki lebih banyak kerja sama di bidang perdagangan yang potensial seperti sektor farmasi, produk tekstil, dan furnitur serta logistik di Pelabuhan Koper, Slovenia.

Topik:

  • Dheri Agriesta

Berita Terkini Lainnya