Comscore Tracker

Meriahnya Pesta Rakyat HUT ke-77 Republik Indonesia di Meksiko

Pesta Rakyat digelar dua hari di tempat berbeda

Jakarta, IDN Times - KBRI Mexico City menyelenggarakan pesta rakyat untuk WNI dan diaspora Indonesia yang berada di Meksiko dalam rangka memperingati HUT RI ke-77. Pesta Rakyat tersebut diselenggarakan di dua lokasi, pada 13 Agustus di KBRI Mexico City. Acara berlanjut pada keesokan harinya di Parque Lincoln, Mexico City.

Pesta Rakyat Indonesia di Meksiko tahun ini merupakan pertama kalinya yang diadakan secara luring setelah pandemik COVID-19. Pesta Rakyat ini tidak hanya dihadiri oleh WNI di Mexico City, namun juga oleh mereka yang tinggal di negara bagian tetangga, hingga Guadalajara yang berjarak lebih dari 500 kilometer jauhnya.

Pesta Rakyat selalu dinanti masyarakat Indonesia di Meksiko karena menjadi kesempatan untuk bertemu tatap muka. Serta, menikmati makanan khas Indonesia yang relatif jarang ditemukan di Meksiko.

Baca Juga: Rayakan HUT ke-77 RI, Iriana Jokowi Pakai Baju Adat Buton 

1. Anak-anak Indonesia di Meksiko ikut lomba catur

Meriahnya Pesta Rakyat HUT ke-77 Republik Indonesia di MeksikoAnak murid dari Colegio de Indonesia di Coacalco. (dok. KBRI Mexico City)

Sejumlah lomba diselenggarakan di pesta rakyat ini, salah satunya catur. Anak-anak Indonesia pun semangat mengikuti lomba ini, bahkan ada yang bisa mengalahkan Duta Besar RI untuk Meksiko, Cheppy Wartono.

"Pesta Rakyat tahun ini menjadi istimewa karena kami kedatangan 10 anak murid dari Colegio de Indonesia di Coacalco, yang merasakan suasana perayaan kemerdekaan layaknya anak sekolah di Indonesia," kata Cheppy, dalam keterangan tertulis KBRI Mexico City yang diterima IDN Times, Rabu (17/8/2022).

Salah satu guru Colegio Indonesia yang mendampingi mengucapkan terima kasih dapat diberi kesempatan mencicipi semarak perayaan kemerdekaan Indonesia di Meksiko.

Catur merupakan salah satu ekstrakurikuler yang diajarkan kepada murid Colegio Indonesia. Sehingga, walaupun masih berusia belia, kemampuan bermain catur anak murid ini setara dengan orang dewasa.

Colegio de Indonesia di Coacalco, negara bagian Estado de Mexico, merupakan salah satu sekolah Indonesia setingkat SD yang ada di Meksiko dan telah berdiri sejak 1979.

2. WNI dan diaspora gembira menghadiri pesta rakyat

Meriahnya Pesta Rakyat HUT ke-77 Republik Indonesia di MeksikoPesta Rakyat HUT RI ke-77 di Meksiko. (dok. KBRI Mexico City)

Selain pertandingan catur, di hari yang sama KBRI Mexico City juga melaksanakan lomba melempar bola basket, karaoke, mewarnai, dan tenis meja. Total, terdapat sekitar 70 orang hadir pada Pesta Rakyat tersebut. Berbagai perlombaan berlangsung meriah walaupun sempat dilanda hujan ringan.

Selanjutnya, pada Minggu (14/8/2022), KBRI kembali mengadakan Pesta Rakyat di Parque Lincoln, sebuah taman publik di lingkungan menengah ke atas Polanco, Kota Miguel Hidalgo, Mexico City.

Acara dibuka dengan Jalan Sehat yang mulai KBRI Mexico City, dan berakhir di lokasi Pesta Rakyat. Pada acara tersebut hadir Kepala Dinas Relasi Pemerintah Kota Miguel Hidalgo, Bernal Javier, untuk membuka Jalan Sehat.

3. Mengenalkan Indonesia ke masyarakat Meksiko

Meriahnya Pesta Rakyat HUT ke-77 Republik Indonesia di MeksikoPesta Rakyat HUT RI ke-77 di Meksiko. (dok. KBRI Mexico City)

Beragam lomba tradisional khas perayaan kemerdekaan, seperti balap kelereng, makan kerupuk, memasukkan pulpen ke dalam botol, dan domino gaple, hadir di hari kedua.

Di area kegiatan juga terdapat bazar yang menjual beragam makanan, minuman, dan jajanan khas Indonesia.

Acara tersebut dilakukan di ruang publik untuk mengenalkan Indonesia, terutama perayaan Kemerdekaan RI kepada masyarakat Meksiko yang sedang beraktivitas di area taman. Beberapa WN Meksiko turut antusias mengikuti beragam perlombaan tersebut. Terdapat total sekitar 60 peserta kegiatan Pesta Rakyat di hari kedua.

Baca Juga: HUT ke-77 RI, TNI AL Kibarkan Merah Putih dari Bawah Laut di 77 Lokasi

Topic:

  • Satria Permana

Berita Terkini Lainnya