Comscore Tracker

Peace Corps AS Kembali Kirim Relawan ke Indonesia 

Mereka akan ditempatkan di beberapa provinsi

Jakarta, IDN Times - Lembaga independen pemerintah Amerika Serikat (AS), Peace Corps, yang mempromosikan perdamaian dan persahabatan dunia, mengumumkan kembalinya para relawan ke Indonesia pada Januari 2023 nanti.

Duta Besar Amerika Serikat untuk Indonesia, Sung Kim, menggarisbawahi pekerjaan penting relawan Peace Corps dan mitra komunitas mereka.

“Saya sangat senang bahwa kami sekarang dapat mempersiapkan kembalinya relawan Peace Corps ke Indonesia dan memiliki sekelompok orang yang berbakat dan bermotivasi untuk bekerja dengan Peace Corps guna memperluas hubungan antara kedua negara kita,” kata Sung, dalam keterangan tertulis Kedutaan Besar AS di Jakarta, kepada IDN Times, Kamis (6/10/2022).

Baca Juga: Dubes-Dubes Asing Berduka atas Tragedi Kanjuruhan 

1. Ada 116 relawan yang mengajar bahasa Inggris di sejumlah provinsi Indonesia

Peace Corps AS Kembali Kirim Relawan ke Indonesia Acara pengiriman kembali Peace Corps ke Indonesia. (dok. US Embassy Jakarta)

Lebih dari 7.300 relawan Peace Corps telah bekerja di 62 negara ketika semua relawan dievakuasi pada Maret 2020 karena pandemik COVID-19.

Saat itu, Peace Corps Indonesia memiliki 116 relawan pengajar Bahasa Inggris sebagai Bahasa Asing (Teaching English as a Foreign Language) di Jawa Timur, Jawa Barat, dan Nusa Tenggara Timur.

Mewakili pemerintah Indonesia, Direktur Amerika I Kementerian Luar Negeri RI, Iwan Freddy Hari Susanto, menegaskan kembali dukungan pemerintah terhadap kembalinya relawan Peace Corps untuk bertugas.

“Negara kita sangat berkomitmen untuk memulai proses mendatangkan kembali relawan Peace Corps. Ini tentunya merupakan tonggak besar dan batu loncatan yang kokoh untuk kerja sama kita di masa depan,” ujar Iwan.

Baca Juga: Dubes Amerika Bertamu, Ridwan Kamil Tawarkan Investasi Bidang Energi

2. Relawan Peace Corps akan melayani selama dua tahun

Peace Corps AS Kembali Kirim Relawan ke Indonesia unsplash.com/Chase Rief

Country Director Peace Corps Indonesia, Jennifer Goette, mengatakan, kelompok calon relawan ini sudah menempuh pelatihan intensif selama hampir tiga bulan.

“Kelompok calon relawan ini akan diambil sumpah sebagai relawan Peace Corps pada akhir Maret dan akan bekerja selama dua tahun melayani masyarakat di Jawa Barat, Jawa Timur, dan Nusa Tenggara Timur sebagai guru Bahasa Inggris dan pelatih guru,” ungkapnya.

Pengiriman kembali Peace Corps ini juga menimbang adanya tingkat vaksinasi yang tinggi di Indonesia dan penurunan penyebaran COVID-19.

Baca Juga: Kapal Perang Amerika Serikat Merapat di Dermaga Benoa Bali 

3. Misi Peace Corps untuk persahabatan dan perdamaian dunia

Sejak 1961, Peace Corps telah bekerja di 142 negara di seluruh dunia untuk memperlihatkan salah satu kekuatan bangsa Amerika yaitu kesediaan untuk membantu sesama.

Peace Corps sendiri merupakan organisasi dengan asas people-to-people, yakni menyediakan sumber daya manusia untuk membantu pembangunan masyarakat.

Di samping mengajar minimal 20 jam per minggu dan membantu kegiatan-kegiatan pelatihan guru bahasa Inggris di tingkat sekolah dan di kecamatan, atau kabupaten, relawan Peace Corps juga memberikan les bahasa Inggris untuk masyarakat sekitar, serta terlibat dalam berbagai kegiatan ekstrakurikuler di sekolah mereka.

Baca Juga: Gak Sulit Lho! 5 Tips Belajar Bahasa Inggris Secara Otodidak

Topic:

  • Deti Mega Purnamasari

Berita Terkini Lainnya