Pemimpin Al Qaeda Pengganti Osama Tewas dalam Serangan Drone AS

Ayman al-Zawahiri adalah pengganti Osama bin Laden

Jakarta, IDN Times - Presiden Amerika Serikat (AS) Joe Biden mengumumkan bahwa pemimpin kelompok Al Qaeda, Ayman al-Zawahiri, telah tewas dibunuh dengan serangan pesawat nirawak AS. Serangan ini terjadi di Afghanistan.

Zawahiri merupakan salah satu komplotan di balik serangan teroris 11 September atau 9/11. Biden juga menyebut Zawahiri memainkan peran kunci dalam pengeboman Kedutaan Besar AS di Kenya dan Tanzania pada 1998.

Amerika Serikat mengatakan, tewasnya Zawahiri merupakan pukulan telak bagi Al Qaeda setelah tewasnya Osama bin Laden.

1. Zawahiri pernah menjadi dokter Osama bin Laden

Pemimpin Al Qaeda Pengganti Osama Tewas dalam Serangan Drone ASPresiden Amerika Serikat Joe Biden saat menandatangani perintah eksekutif pada Minggu (7/2/2021). (Facebook.com/President Joe Biden)

Serangan 9/11 tentu tak lepas dari nama Osama bin Laden. Biden menambahkan bahwa Zawahiri juga merupakan dokter pribadi Osama bin Laden.

“Keadilan telah ditegakkan. Dan pemimpin teroris ini tidak ada lagi,” kata Biden dalam pidatonya di Gedung Putih, dikutip dari NBC News, Selasa (2/8/2022).

“Tidak peduli berapa lama, di mana pun Anda bersembunyi, jika Anda adalah ancaman bagi rakyat kami, Amerika Serikat akan menemukan Anda dan membawa Anda keluar,” tegas Biden.

Biden juga menambahkan, Zawahiri punya catatan pembunuhan dan kekerasan terhadap warga Amerika, anggota layanan Amerika, diplomat Amerika dan kepentingan Amerika.

Baca Juga: PPATK Ungkap Ada Aliran Dana dari ACT ke Al-Qaeda

2. Zawahiri menyerukan serangan ke AS dan sekutunya

Pemimpin Al Qaeda Pengganti Osama Tewas dalam Serangan Drone ASIlustrasi milisi al-Qaeda (indianexpress.com)

Zawahiri merupakan sosok yang berada di urutan kedua setelah Osama bin Laden selama serangan 9/11 dan mengambil alih Al Qaeda pada 2011 usai pasukan AS membunuh Osama bin Laden di Pakistan.

Dalam perannya itu, Zawahiri terus menyerukan serangan terhadap AS dan para sekutunya.

Zawahiri sendiri berusia 71 tahun dan merupakan buronan AS sejak 1999. Lelaki yang menguasai bahasa Arab, Inggris dan Prancis ini lahir di Mesir.

3. Penerus Osama bin Laden

Pemimpin Al Qaeda Pengganti Osama Tewas dalam Serangan Drone ASOsama bin Laden (kanan) Wikimedia.org/Hamid Mir

Zawahiri yang menggantikan posisi Osama bin Laden pada 2011 juga menjadi buronan AS.

Ia didakwa oleh AS atas perannya dalam pengeboman di Kedutaan AS di Kenya dan Tanzania yang menewaskan 224 orang dan melukai lebih dari lima ribu orang lainnya.

Zawahiri juga disebut membantu Osama bin Laden dan berkoordinasi dengan simpul-simpul Al Qaeda dalam serangan 9/11 pada 11 September 2001.

Baca Juga: Pangeran Charles Diisukan Terima Dana dari Osama bin Laden

Topik:

  • Rendra Saputra

Berita Terkini Lainnya