Comscore Tracker

PM Jepang Kunjungi Indonesia, Bahas Ekonomi, Ukraina dan G20 

Dijadwalkan ke Indonesia pada 29-30 April 2021

Jakarta, IDN Times - Perdana Menteri Jepang Fumio Kishida dijadwalkan akan berkunjung ke Indonesia pada 29-30 April 2021.

Indonesia adalah negara pertama yang dikunjungi Kishida dalam rangkaian lawatan kali ini. Selanjutnya, Kishida akan ke Vietnam, Thailand, Italia dan Inggris.

Hal ini tidak hanya merefleksikan arti penting kawasan Asia Tenggara, tetapi secara khusus Kemitraan Strategis RI-Jepang, yang akan berusia 65 tahun tahun depan.

Baca Juga: Biden Segera Kunjungi Korsel dan Jepang, Bahas Indo Pasifik 

1. Bahas kerja sama ekonomi

PM Jepang Kunjungi Indonesia, Bahas Ekonomi, Ukraina dan G20 Fumio Kishida terpilih sebagai Perdana Menteri Jepang yang baru pada Senin, 4 Oktober 2021, waktu setempat. (Twitter.com/JPN_PMO)

Jepang adalah salah satu mitra ekonomi terdepan bagi Indonesia. Maka, fokus pertemuan kali ini dengan Presiden RI Joko “Jokowi” Widodo adalah isu ekonomi.

Jepang adalah negara tujuan ekspor terbesar ke-3 dan investor terbesar ke-5 bagi Indonesia.

“Bagaimana kemitraan ekonomi yang bersejarah tersebut bisa mendorong atau menjadi basis bagi penguatan kerja sama dalam pemulihan ekonomi di masa pasca-pandemik,” kata Direktur Asia Timur dan Pasifik Kementerian Luar Negeri RI Santo Darmosumarto, pada konferensi pers daring, Kamis (28/4/2022).

Selama berada di Indonesia, Kishida akan diterima oleh Presiden RI di Istana Bogor pada tanggal 29 April 2022.

Kishida juga dijadwalkan untuk meletakkan karangan bunga di Taman Makam Pahlawan Kalibata serta melakukan beberapa pertemuan lainnya pada tanggal 30 April 2022.

Baca Juga: Jokowi Ungkap Isi Obrolan Telepon dengan Presiden Ukraina Zelensky

2. Upaya keluar dari pandemik

PM Jepang Kunjungi Indonesia, Bahas Ekonomi, Ukraina dan G20 Suasana kota Tokyo, Jepang (IDN Times/Anata)

Selain isu ekonomi, kedua pemimpin juga akan membahas mengenai upaya bersama keluar dari pandemik COVID-19 dan mempercepat pemulihan ekonomi di masing-masing negara dan di kawasan.

“Kerja sama pembangunan dan infrastruktur juga intensif, sebagaimana terlihat dari proyek-proyek flagship yang kini sedang dikembangkan, seperti MRT Jakarta dan Pelabuhan Patimban,” tulis pernyataan dari laman Kementerian Luar Negeri RI.

3. Bahas isu Ukraina dan G20

PM Jepang Kunjungi Indonesia, Bahas Ekonomi, Ukraina dan G20 upacara pembukaan G20 Indonesia (g20.org)

Santo menambahkan, akan diangkat juga beberapa isu terkait dengan perkembangan di kawasan ataupun di dunia.

“Kita belum bisa memprediksi, namun yang terlihat berkembang saat ini adalah Ukraina, G20 adalah bahan bahasannya,” ucap Santo lagi.

PM Kishida dilantik menjadi Kepala Pemerintahan Jepang pada tanggal 4 Oktober 2021, menggantikan Y.M. SUGA Yoshihide. PM Kishida pernah menjabat sebagai Menteri Luar Negeri dan Menteri Pertahanan Jepang. Kunjungan Kepala Pemerintahan Jepang ke Indonesia terakhir Kali dilakukan oleh PM Suga pada bulan Oktober 2020.

Baca Juga: Jokowi Akui Bicara dengan Presiden Ukraina, Tak Bahas Undangan G20 

Topic:

  • Hana Adi Perdana

Berita Terkini Lainnya