Presiden Ukraina Sebut Wilayah Donbas Mencekam Digempur Rusia 

Rusia masih bertahan di wilayah Donbas

Jakarta, IDN Times - Presiden Ukraina Volodymyr Zelenskyy mengatakan, situasi di wilayah Donbas, Ukraina, saat ini cukup mencekam. Tak hanya Donbas, cengkeraman Rusia kini juga mencapai wilayah Severodonetsk dan Lysychanks.

Pada bulan lalu, Rusia telah berusaha merebut seluruh wilayah Donbas, yang terdiri dari Luhansk dan Donetsk.

Baca Juga: Presiden Ukraina Zelenskyy Kunjungi Kota Kharkiv untuk Pertama Kali 

1. Rusia masih incar wilayah Donbas

Presiden Ukraina Sebut Wilayah Donbas Mencekam Digempur Rusia Krimea dan Donbass yang saat ini tegang dan puluhan ribu pasukan Rusia telah terkonsentrasi di dekat wilayah tersebut (Twitter.com/Achilles Delta)

Zelenskyy mengatakan, situasi Donbas saat ini cukup sulit. Tentara Rusia disebut berusaha mengumpulkan kekuatan untuk menekan pasukan Ukraina di kota tersebut.

“Tentara Rusia saat ini mengumpulkan kekuatan tempur maksimum di sana,” kata Zelenskyy, dikutip dari Channel News Asia, Selasa (31/5/2022).

Usai gagal merebut Kiev pada Maret lalu, Rusia memang mulai mengincar kota-kota besar di Ukraina, seperti Mariupol dan Kharkiv. Kini, invasi Rusia melebar ke kota-kota kecil di negara tersebut.

2. Rusia gempur Kharkiv lagi

Presiden Ukraina Sebut Wilayah Donbas Mencekam Digempur Rusia Tentara Ukraina terlihat di samping kendaraan lapis baja yang hancur, yang menurut mereka milik tentara Rusia, di luar Kharkiv, Ukraina, Kamis (24/2/2022). ANTARA FOTO/REUTERS/Maksim Levin

Sementara itu, Zelenskyy menambahkan bahwa tentara Rusia kembali menggempur Kharkib, serta wilayah perbatasan Sumy.

Penembakan dari tentara Rusia ini menyebabkan sebagian besar Kota Severodonetsk hancur. Namun, Zelenskyy mengatakan, pasukan Ukraina harus tetap bertahan apalagi di wilayah Donbas.

Gubernur Luhansk Serhiy Gaidai mengatakan, pasukan Rusia kini telah maju ke pinggiran tenggara dan timur laut Severodonetsk. Tetapi pasukan Ukraina telah mengusir mereka dari Desa Toshkivka ke selatan.

“Mereka menggunakan taktik yang sama berulang-ulang. Mereka menembak selama beberapa jam dan kemudian menyerang,” ucapnya.

3. Presiden Zelenskyy kunjungi Kharkiv

Presiden Ukraina Sebut Wilayah Donbas Mencekam Digempur Rusia Presiden Ukraina Volodymyr Zelenskyy mengunjungi Kharkiv. (dok. situs Kantor Presiden Ukraina)

Zelenskyy untuk pertama kalinya mengunjungi kota lain di negaranya yang digempur Rusia, yakni Kharkiv. Ia bertemu dengan pasukan yang berperang di sana.

Kharkiv menjadi sasaran pasukan Rusia di bulan-bulan pertama invasi. Hampir seluruh bangunan di Kharkiv kini telah menjadi puing-puing.

Kantor Presiden Ukraina mengunggah foto yang memperlihatkan Zelenskyy mengenakan rompi anti peluru dan sedang melihat bangunan yang hancur parah di Kharkiv.

Zelenskyy juga diketahui membagikan hadiah kepada tentara Ukraina, meski tak dirinci apa hadiah tersebut.

Baca Juga: Jurnalis Prancis Tewas Akibat Gempuran Bom Rusia di Ukraina 

Topik:

  • Sunariyah

Berita Terkini Lainnya