Prosesi Pemakaman Ratu Elizabeth II Telah Dimulai  

Prosesi mulai sejak pukul 10.30 waktu setempat

Jakarta, IDN Times - Upacara kenegaraan pemakaman Ratu Elizabeth II telah dimulai. Arak-arakan peti jenazah Ratu dari Westminster Hall ke Westminster Abbey dimulai pada pukul 10.30 pagi waktu setempat.

Setibanya di Westminster Abbey, kebaktian pemakaman pun dilaksanakan. Kebaktian ini dipimpin oleh dekan Westminster Abbey, Dr David Hoyle dan khotbah disampaikan oleh Uskup Agung Canterbury, Justin Welby.

Baca Juga: Dubes RI Hadiri Penghormatan Terakhir Ratu Elizabeth 

1. Pemimpin dan pejabat dunia hadir di pemakaman Ratu

Dilansir dari BBC, Senin (19/9/2022), anggota keluarga kerajaan asing terlihat duduk di seberang keluarga Kerajaan Inggris saat mengikuti kebaktikan di Westminster Abbey.

Ratu Margrethe II dari Denmark, Raja dan Ratu Bhutan, Kaisar dan Permaisuri Jepang, Raja Phillipe dan Ratu Mathilde dari Belgia, Raja Willem-Alexander dan Ratu Maxima dari Belanda serta Raja Felipe dan Ratu Letizia dari Spanyol sudah hadir di upacara pemakaman ini.

Baca Juga: Ratu Elizabeth II Dimakamkan Hari Ini 

2. Meriam ditembakkan ke Hyde Park

Pada pukul 13.00 siang waktu setempat, meriam akan ditembakkan di Hyde Park oleh The King Troops, Royal Horse Artilery dan Big Ben.

Selanjutnya, peti jenazah akan dipindahkan ke mobil jenazah untuk menuju Kastil Windsor. Setibanya di Windsor, iring-iringan akan melambat untuk melanjutkan rosesi ke Kapel St George.

Baca Juga: 125 Bioskop di Inggris Bakal Tayangkan Pemakaman Ratu Elizabeth II

3. Peti jenazah Ratu diperkirakan tiba di Windsor pada sore hari

Diperkirakan pada pukul 15.06 sore hari waktu Inggris, mobil jenazah yang mengangkut peti Ratu akan tiba di Kastil Windsor, yang diikuti dengan Long Walk.

Upacara ini juga akan dihadiri oleh 800 orang termasuk Raja, keluarga kerajaan, pemimpin Persemakmuran, para pemimpin dunia dan juga staf pribadi Istana Buckingham.

Pada pukul 19.30 malam waktu setempat, upacara pemakaman privat akan digelar yang hanya dihadiri oleh Raja Charles dan keluarga kerajaan. Ratu Elizabeth II akan dimakamkan di Kapel St George, bersama dengan Pangeran Philip dan orangtuanya, Raja George VI dan Ibu Suri.

Topik:

  • Anata Siregar

Berita Terkini Lainnya