Puing Helikopter Ditemukan, Presiden Iran Dikhawatirkan Tewas

Tim penyelamat masih mencari keberadaannya

Intinya Sih...

  • Tim penyelamat masih mencari korban selamat dari kecelakaan helikopter yang membawa Presiden Iran, Ebrahim Raisi.
  • Helikopter jatuh dekat Jolfa, Azerbaijan timur, sekitar 100 km dari Kota Tabriz, saat Raisi dalam perjalanan resmi di negara tetangga.
  • Pemerintah Iran belum mengeluarkan pernyataan resmi terkait kabar tewasnya Raisi dan pejabat lainnya dalam kecelakaan tersebut.

Jakarta, IDN Times - Tim penyelamat yang sudah mencapai lokasi jatuhnya helikopter yang mengangkut Presiden Iran, Ebrahim Raisi mengkhawatirkan bahwa tidak ada korban yang selamat dalam insiden ini.

“Sepertinya tidak ada yang selamat,” sebut laporan dari saluran berita Iran, IRINN dan Mehr News, dikutip dari CNN, Senin (20/5/2024).

Baca Juga: Kematian Raisi Disebut Tak Akan Mengubah Apa-apa di Iran 

1. Helikopter jatuh di pegunungan dekat Azerbaijan Timur

Helikopter yang membawa Raisi dan rombongan pejabat Iran ini mengalami kecelakaan, Minggu (19/5/2024) waktu setempat. Awalnya, komunikasi terakhir terlacak ada di dekat Jolfa, Azerbaijan timur.

Sehari sebelumnya, Raisi memang berada di negara tetangga Iran, Azerbaijan untuk meresmikan sebuah bendungan bersama Presiden Ilham Aliyev.

Laporan terakhir menunjukkan bahwa lokasi jatuhnya helikopter ini berjarak sekitar 100 kilometer dari Kota Tabriz, dekat sebuah desa bernama Tavil.

Baca Juga: Lokasi Jatuhnya Helikopter Presiden Iran Ditemukan 

2. Belum ada pernyataan resmi dari pemerintah Iran

Puing Helikopter Ditemukan, Presiden Iran Dikhawatirkan TewasPresiden Iran Ebrahim Raisi (commons.wikimedia.org)

Sampai saat ini belum ada pernyataan resmi dari pemerintah Iran terkait kabar tewasnya Raisi dan Menteri Luar Negeri Hossein Amirabdollahian.

Selain mereka, ada pula Gubernur Provinsi Azerbaijan Timur - Iran, Malek Rahmati dan perwakilan Pemimpin Tertinggi Iran untuk Azerbaijan Timur, Ayatollah Mohammad Ali Ale-Hashem di dalam helikopter yang sama.

Baca Juga: Ayatollah Khamenei Harap Presiden Iran Segera Ditemukan 

3. Helikopter jenis Bell 212

Sebelumnya, media pemerintah Iran, IRNA, melaporkan bahwa cuaca buruk saat ini juga mempersulit upaya penyelamatan sejak awal.

“Presiden Raisi dan rombongan terbang dengan helikopter Bell 212 buatan Amerika Serikat (AS),” sebut IRNA.

Kepala Staf Militer Iran langsung memerintah semua sumber daya tentara dan pasukan elit Garda Revolusi Iran untuk melakukan pencarian.

Baca Juga: Drone Turki Deteksi Lokasi Jatuhnya Helikopter Presiden Iran

Topik:

  • Deti Mega Purnamasari

Berita Terkini Lainnya