Ratu Elizabeth II Dimakamkan Hari Ini 

Masyarakat juga bisa menyaksikan prosesi pemakaman

Jakarta, IDN Times - Jenazah Ratu Elizabeth II akan dimakamkan hari ini, Senin (19/9/2022), sore hari, waktu setempat. Penghormatan terakhir untuk Ratu pun sudah digelar pada Minggu (18/9/2022) kemarin.

Pagi hari ini adalah waktu terakhir untuk masyarakat umum memberi penghormatan kepada jenazah Ratu. Westminster Hall akan ditutup pada pukul 06.30 pagi waktu setempat.

Baca Juga: 125 Bioskop di Inggris Bakal Tayangkan Pemakaman Ratu Elizabeth II

1. Westminster Abbey dibuka untuk umum

Ratu Elizabeth II Dimakamkan Hari Ini instagram.com/westminsterabbeylondon

Dilansir dari Guardian, Senin (19/9/2022), Westminster Abbey akan dibuka untuk umum, bagi masyarakat yang ingin menghadiri pemakaman Ratu. Prosesi pemakaman Ratu Elizabeth II akan mulai pada pukul 10.30 pagi waktu Inggris atau sore hari waktu Indonesia.

Peti jenazah Ratu akan dibawa menggunakan kereta meriam dari Westminster Hall ke Kapel, yang ditarik oleh 142 pelaut dari Royal Navy. Sementara Raja Charles III dan anggota keluarga kerajaan yang lain akan berjalan kaki di belakang peti jenazah.

Baca Juga: Dubes RI Hadiri Penghormatan Terakhir Ratu Elizabeth 

2. Peti jenazah diperkirakan tiba di Kastil Windsor pada sore hari

Ratu Elizabeth II Dimakamkan Hari Ini Potret Kastil Windsor (royal.uk)

Setelah upacara pemakaman dan kebaktian, diperkirakan pada pukul 15.06 sore hari waktu Inggris, mobil jenazah yang mengangkut peti Ratu akan tiba di Kastil Windsor, yang diikuti dengan Long Walk.

Upacara ini juga akan dihadiri oleh 800 orang termasuk Raja, keluarga kerajaan, pemimpin Persemakmuran, para pemimpin dunia dan juga staf pribadi Istana Buckingham.

Pada pukul 19.30 malam waktu setempat, upacara pemakaman privat akan digelar yang hanya dihadiri oleh Raja Charles dan keluarga kerajaan. Ratu Elizabeth II akan dimakamkan di Kapel St George, bersama dengan Pangeran Philip dan orangtuanya, Raja George VI dan Ibu Suri.

Baca Juga: Taiwan Diundang untuk Teken Buku Belasungkawa Ratu Elizabeth

3. Sejumlah pemimpin dunia telah berada di London

Ratu Elizabeth II Dimakamkan Hari Ini Kepala Negara Jepang Kaisar Naruhito (japan-forward.com)

Beberapa pemimpin dunia pun dilaporkan telah berada di London sejak Sabtu (18/9/2022). Mereka adalah Perdana Menteri Australia, Anthony Albanese, Perdana Menteri Selandia Baru, Jacinda Ardern, dan Perdana Menteri Kanada, Justin Trudeau.

Kaisar Jepang Naruhito dan Permaisuri Masako menghadiri pemakaman kenegaraan Ratu Elizabeth II. Kaisar dan permaisurinya tiba di London, Inggris pada Sabtu (17/9/2022) waktu setempat.

Kaisar dan permaisuri melakukan perjalanan sekitar 15 jam dengan menggunakan sebuah pesawat pemerintah Jepang yang berangkat dari Bandara Internasional Haneda di Tokyo, dan mendarat di Bandara Stansted dekat London

Topik:

  • Anata Siregar

Berita Terkini Lainnya