Comscore Tracker

RI-Australia Sepakat Cari Solusi Damai untuk Ukraina dan Myanmar

Menlu Retno dan Menlu Penny Wong kembali bertemu.

Jakarta, IDN Times - Menteri Luar Negeri Australia, Penny Wong, kembali mengunjungi Indonesia. Kunjungannya kali ini untuk menghadiri pertemuan Menlu G20 di Bali, 7-8 Juli 2022.

Ia juga telah melakukan pertemuan bilateral dengan Menteri Luar Negeri RI, Retno Marsudi. Sejumlah isu pun dibahas oleh kedua menlu ini.

1. Cari solusi damai untuk permasalahan global

RI-Australia Sepakat Cari Solusi Damai untuk Ukraina dan MyanmarMenteri Luar Negeri RI Retno Marsudi dan Menteri Luar Negeri Australia Penny Wong. (dok. Kemlu RI)

Menlu Retno dan Menlu Wong sepakat bekerja sama guna mencari solusi damai di Ukraina.

“Dalam pertemuan, telah dibahas juga mengenai situasi terkini di Myanmar. Keduanya sepakat mengenai pentingnya dialog nasional yang inklusif dan pentingnya mengembalikan demokrasi,” demikian pernyataan Kementerian Luar Negeri RI yang diterima IDN Times, Kamis (7/7/2022).

Baca Juga: Australia Tawarkan Pembangunan Infrastruktur Ramah Lingkungan di IKN

2. Dukungan Australia untuk presidensi Indonesia di G20

RI-Australia Sepakat Cari Solusi Damai untuk Ukraina dan MyanmarMenteri Luar Negeri RI Retno Marsudi dan Menteri Luar Negeri Australia Penny Wong. (dok. Kemlu RI)

Australia menegaskan kembali dukungannya terhadap presidensi Indonesia di G20, yang dijalankan di tengah situasi yang tidak mudah.

Kedua Menlu juga menyamakan pandangan bahwa G20 harus terus bekerja, agar tetap relevan dan mampu membantu mencari solusi atas berbagai permasalahan ekonomi global.

3. Indonesia jadi tujuan pertama PM Anthony Albanese

RI-Australia Sepakat Cari Solusi Damai untuk Ukraina dan MyanmarPresiden Jokowi ajak Perdana Menteri (PM) Australia Anthony Albanese naik sepeda bambu di Istana Kepresidenan Bogor (dok. Sekretaritat Presiden)

Pada awal Juni 2022, Perdana Menteri Australia Anthony Albanese juga telah mengunjungi Indonesia. Jakarta menjadi tujuan pertama Canberra usai Albanese dilantik pada Mei 2022.

Sebelumnya, Menlu Retno dan Menlu Wong juga telah bertemu dan berkomunikasi terkait kerja sama kedua negara.

“Pemerintah Australia serius terhadap keterlibatan kami di Asia Tenggara dan kunjungan ini menunjukkan betapa pentingnya kemitraan kami dengan Indonesia. Kemitraan Australia dengan Indonesia tidak pernah lebih penting dari tujuan ini," kata Menlu Wong, kala itu.

Baca Juga: Profil Anthony Albanese, Perdana Menteri Australia

Topic:

  • Vanny El Rahman

Berita Terkini Lainnya