RI Hadirkan Produk Perikanan Unggulan di Seafood Show Osaka 2022 

Produk perikanan Indonesia menarik minat pengunjung

Jakarta, IDN Times - Indonesia menghadirkan produk-produk perikanan unggulan di Seafood Show Osaka 2022. Acara ini berlangsung pada 13-14 April 2022 di Osaka, Jepang.

Seafood Show Osaka merupakan pameran produk perikanan terbesar di wilayah Kansai. Indonesia merupakan satu-satunya partisipan asing yang ikut dalam acara ini.

Baca Juga: Hasilkan Produk-Produk Keren, Ini 5 Departemen Penting di Pabrik BMW

1. Produk perikanan Indonesia menarik minat pengunjung

RI Hadirkan Produk Perikanan Unggulan di Seafood Show Osaka 2022 Paviliun Indonesia di Seafood Show Osaka 2022. (dok. KJRI Osaka)

Konsul Jenderal RI untuk Osaka Diana Sutikno mengatakan, sejumlah pengusaha retail produk perikanan di Kansai tertarik dengan produk-produk yang ditawarkan Indonesia.

“Kehadiran produk perikanan Indonesia dari 9 pelaku usaha di Jawa, Bali, Kalimantan, Sulawesi, Maluku dan Papua ini mampu menarik minat pengunjung,” kata Diana, dalam keterangan tertulis KJRI Osaka, Rabu (14/4/2022).

Ia menambahkan, partisipasi Indonesia ini merupakan momentum yang tepat untuk meningkatkan pangsa pasar produk perikanan Indonesia di Jepang, khususnya di Jepang barat, yaitu Kansai.

Baca Juga: Presiden Ajak Masyarakat Cintai Produk Kerajinan Indonesia

2. Indonesia bawa produk unggulan

RI Hadirkan Produk Perikanan Unggulan di Seafood Show Osaka 2022 Paviliun Indonesia di Seafood Show Osaka 2022. (dok. KJRI Osaka)

Sejumlah produk perikanan dipasarkan Indonesia di paviliun tersebut, yaitu udang black tiger asal Papua, unagi kabayaki asal Sukabumi, gurita dan yellowfin tuna dari Surabaya, ikan teri nasi dari Jepara, udang vanname dari Kalimantan, dan ikan kalengan dari Bali.

Diana berharap, keikutsertaan Indonesia ini dapat terus ditingkatkan guna mengantisipasi upaya pemerintah Jepang yang sedang mempersiapkan diri untuk destinasi halal dan ramah Muslim di Kansai jelang pelaksanaan Osaka World Expo 2025.

Partisipasi Indonesia ini dinilai menjadi langkah tepat untuk meningkatkan volume ekspor produk perikanan Indonesia ke Jepang.

3. Indonesia pasok hasil laut cukup besar ke Jepang

RI Hadirkan Produk Perikanan Unggulan di Seafood Show Osaka 2022 Paviliun Indonesia di Seafood Show Osaka 2022. (dok. KJRI Osaka)

Jepang merupakan negara tujuan utama ekspor yellowfin tuna segar dan dingin asal Indonesia. Sejak 2018, kontribusi ekspor ke Jepang selalu di atas 80 persen dari total ekspor Indonesia ke seluruh dunia.

Jepang juga merupakan salah satu negara yang mengonsumsi produk perikanan terbesar di dunia, dengan total impor lebih dari USD9,9 miliar.

Total nilai transaksi ekspor perikanan dari Indonesia ke Jepang pada 2021 pun meningkat sebesar 3,19 persen dibanding pada 2020 lalu.

Baca Juga: Merdeka Ekspor Jadi Pendorong Meningkatnya Ekspor Pertanian di Agustus

Topik:

  • Hana Adi Perdana

Berita Terkini Lainnya