Ribuan WNI di Belanda Salat Idul Fitri di Masjid Indonesia 

Belanda telah mencabut peraturan terkait COVID-19

Jakarta, IDN Times - Usai pembukaan pembatasan terkait pandemik COVID-19, kini Warga Negara Indonesia (WNI) yang berada di Belanda, dapat berkumpul kembali.

Bertepatan dengan Hari Raya Idul Fitri, WNI di Belanda beramai-ramai salat Ied berjamaah, setelah dua tahun tidak diadakan.

Ribuan WNI di Belanda pun dilaporkan memenuhi sejumlah masjid Indonesia yang tersebar di beberapa kota di Belanda yaitu Den Haag, Amsterdam, Rotterdam, Delft, Waalwijk, dan Eindhoven.

Baca Juga: Menilik Persiapan Salat Ied di Masjid Bersejarah Luar Batang

1. Dubes RI salat bersama WNI lainnya

Ribuan WNI di Belanda Salat Idul Fitri di Masjid Indonesia Dubes RI untuk Belanda Mayerfas salat Idul Fitri bersama WNI. (Dok. KBRI Den Haag)

Duta Besar RI untuk Belanda Mayerfas pun mengikui salat Idul Fitri dengan 900 WNI lainnya di Masjid Indonesia, Al-Hikmah, di Den Haag.

Mayerfas mensyukuri kehidupan di Belanda yang sudah kembali normal, sehingga saat Ramadan kemarin, masyarakat dapat melakukan ibadah puasa sewajarnya seperti sebelum pandemik.

“Alhamdulillah, setelah 2 tahun ada pembatasan, tahun ini kita bisa menghadiri dan melaksanakan salat Idul Fitri,” ucap Mayerfas dalam keterangan tertulis KBRI Den Haag kepada IDN Times, Rabu (4/5/2022).

“Semoga kondisi semakin membaik ke depannya, sehingga pelaksanaan ibadah di tahun mendatang dapat semakin maksimal,” lanjut mantan Sekjen Kemlu RI ini.

2. Salat Idul Fitri di Masjid Indonesia

Ribuan WNI di Belanda Salat Idul Fitri di Masjid Indonesia Suasana di luar Masjid Indonesia. (Dok. KBRI Den Haag)

Salat Idul Fitri tahun ini dipimpim oleh Khatib Dr. Syahril Siddik, seorang peneliti di Universitas Leiden yang juga merupakan tenaga pengajar di UIN Malang sekaligus pengurus PCINU Belanda.

Dalam khotbahnya, ia mengajak seluruh hadirin untuk memaknai kemenangan di hari Idul Fitri sebagai momentum untuk membantu masyarakat yang membutuhkan di tengah situasi pandemik yang masih melanda.

3. Belanda cabut pembatasan terkait COVID-19

Ribuan WNI di Belanda Salat Idul Fitri di Masjid Indonesia Suasana di luar Masjid Indonesia. (KBRI Den Haag)

Pemerintah Belanda sendiri telah mencabut pembatasan terkait pandemik COVID-19. Sejumlah restoran dan kafe sudah memperbolehkan 100 persen kapasitas orang, termasuk juga tempat ibadah dan tempat publik lainnya.

Sebelumnya, salat Idul Fitri di Belanda tidak bisa maksimal mengingat peraturan pemerintah setempat yang membatasi hanya 75 persen orang yang masuk ke ruang publik tertutup.

Pemakaian masker pun saat ini tidak diwajibkan ketika berada di luar ruangan.

Topik:

  • Sunariyah

Berita Terkini Lainnya