Comscore Tracker

Rudal Rusia Hantam Hunian dan Sekolah di Ukraina

Serangan beruntun terjadi dalam 24 jam terakhir

Jakarta, IDN Times - Serangan Rusia ke Ukraina makin brutal. Seiring dengan kunjungan Presiden Vladimir Putin ke Iran, Rusia menembak rudal yang menghantam hunian dan sekolah di Ukraina timur.

Kantor Kepresidenan Ukraina mengungkapkan, setidaknya dua warga sipil tewas dan 15 lainnya terluka akibat serangan di seluruh Ukraina dalam 24 jam terakhir.

Rudal Rusia juga menghantam apartemen lima lantai di Kramatorsk, Donetsk, dan menewaskan satu orang. Kramatorsk merupakan kota incaran pasukan Rusia.

1. Penduduk Kramatorsk banyak yang terluka

Rudal Rusia Hantam Hunian dan Sekolah di UkrainaAnak-anak di Stasiun Kramtorsk, sehari sebelum serangan Rusia. (https://twitter.com/UNICEF_UA)

Layanan Darurat Ukraina mengonfirmasi, belasan orang di Kramatorsk, terluka. Lima di antaranya dirawat di rumah sakit.

“Semuanya hancur. Kami semua ingin hidup dengan damai,” kata seorang penghuni apartemen bernama Halyna Maydannyk, dikutip dari Al Jazeera, Rabu (20/7/2022).

Sementara itu, di Odesa pasukan Rusia dilaporkan menembak tujuh rudal jenis Kalibr pada Selasa (19/7/2022) malam.

Baca Juga: Ukraina Serang Balik Rusia Pakai Senjata dan Rudal Pemberian Barat

Baca Juga: Rudal Rusia Hantam Kota Vinnytsya, Tewaskan 23 Warga Sipil Ukraina

2. Serangan Rusia hancurkan gudang amunisi

Rudal Rusia Hantam Hunian dan Sekolah di UkrainaPetugas medis menyelamatkan wanita hamil dari rumah sakit bersalin di Mariupol (9/03/2022). (apnews.com/AP Photo/Evgeniy Maloletka)

Kementerian Pertahanan Rusia menyatakan, sejumlah serangan dalam 24 jam tersebut adalah serangan yang menargetkan gudang amunisi senjata yang dipasok Amerika Serikat dan sekutunya ke Ukraina.

Sama seperti sebelumnya, Rusia membantah sengaja menargetkan hunian warga sipil di kota-kota di Ukraina.

Sementara itu, Presiden Ukraina, Volodymyr Zelenskyy, menegaskan, akibat serangan Rusia itu, gadis berusia lima tahun menjadi korban luka.

“Apa yang mereka targetkan? Di kota dan desa-desa di Donetsk tidak ada target militer,” ucap Zelenskyy.

3. Penduduk Ukraina kehilangan tempat tinggal

Rudal Rusia Hantam Hunian dan Sekolah di UkrainaPrajurit rusia di lokasi pengeboman rumah sakit Mariupol (9/03/2022). (AP Photo/Evgeniy Maloletka/apnews.com)

Gubernur Donetsk, Pavlo Kyrylenko, mengatakan, penduduk Ukraina saat ini menderita karena mereka kehilangan tempat tinggal akibat dihantam rudal Moskow.

“Infrastruktur kota dihancurkan dan penduduk sipil kehilangan akses tempat tinggal dan kebutuhan lainnya,” kata Kyrylenko.

Di samping itu, pejabat Ukraina kini sedang merencanakan serangan balasan untuk merebut sejumlah kota yang diduduki Rusia, termasuk Kherson.

Baca Juga: Rusia Fokuskan Serangan ke Wilayah Donetsk

Baca Juga: Serangan Rusia di Apartemen Warga Sipil Ukraina Menewaskan 18 Orang

Topic:

  • Deti Mega Purnamasari

Berita Terkini Lainnya