Rusia Usir 5 Diplomat Swedia dan Tutup Konsulat 

Rusia menutup konsulatnya di Gotherburg Swedia

Jakarta, IDN Times - Rusia mengatakan mereka telah menutup Konsulat Jenderal yang terletak di Gothenburg, Swedia dan meminta misi diplomatik Swedia di Saint Petersburg juga ditutup.

Selain itu, Rusia juga telah mengusir 5 diplomat Swedia sebagai balasan lantaran para diplomatnya diusir dari Stockholm beberapa waktu yang lalu.

Baca Juga: Enggan Menghukum Rusia, PM Georgia: Sanksi Kami Tak Akan Berdampak

1. Tindakan balasan Rusia untuk Swedia

Kementerian Luar Negeri Rusia mengonfirmasi bahwa Duta Besar Swedia untuk Rusia, Malena Mard, telah dipanggil dan diberitahu soal tindakan balasan Moskow untuk Stockholm yang akhir-akhir ini dirasa cukup frontal.

“Sebuah keputusan dibuat, menyatakan 5 diplomat Swedia persona nongrata,” demikian pernyataan Kemlu Rusia, dikutip dari Al Arabiya, Kamis (25/5/2023).

Kemlu Rusia juga mengatakan bahwa pengusiran 5 diplomatnya dari Swedia sebelumnya merupakan aksi permusuhan dan bagian dari kampanye Russophobia.

Baca Juga: Cuekin Kritik Barat, China-Rusia Makin Lengket

2. Misi diplomatik Swedia ditutup per 1 September 2023

Rusia Usir 5 Diplomat Swedia dan Tutup Konsulat potret kota Gothenburg (instagram.com/goteborgcom)

Sementara itu, Kemlu Rusia memberikan waktu paling lambat 31 Agustus 2023. Pada 1 September 2023, Misi Diplomatik Swedia di Saint Petersburg harus ditutup bersamaan dengan tutupnya Konsulat Rusia di Gothenburg.

Menanggapi aksi ini, Menteri Luar Negeri Swedia, Tobias Billstrom, mengaku sangat menyesalkan keputusan Rusia.

Baca Juga: Lawan Pengaruh Rusia di Afrika, Menlu Ukraina Promosi Perdamaian

3. Swedia usir 5 diplomat Rusia yang diduga mata-mata

Rusia Usir 5 Diplomat Swedia dan Tutup Konsulat unsplash.com/Jonathan Brinkhorst

Sebelumnya, pada April 2023 lalu, Swedia mengusir 5 diplomat Rusia karena diduga melakukan kegiatan yang tidak sesuai dengan status diplomatik mereka di Stockholm.

“Swedia telah memanggil duta besar Rusia dan memberitahunya bahwa 5 orang yang bekerja di kedutaan, kami minta untuk meninggalkan Swedia karena melakukan kegiatan yang tidak sesuai dengan Konvensi Wina terkait hubungan diplomatik,” kata Kementerian Luar Negeri Swedia, kala itu.

April tahun lalu, Swedia juga pernah mengusir 3 diplomat Rusia buntut invasi Moskow ke Ukraina.

Baca Juga: Swedia Tertarik Jadi Mitra Wicara ASEAN  

Topik:

  • Deti Mega Purnamasari

Berita Terkini Lainnya