Satu Juta Dosis Vaksin PMK dari Australia Tiba di Indonesia 

Vaksin diharapkan bisa langsung didistribusikan ke daerah

Jakarta, IDN Times - Pengiriman pertama satu juta dosis vaksin Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) pada sapi dari pemerintah Australia telah tiba di Indonesia pada Jumat (26/8/2022) kemarin.

Satu juta dosis tersebut akan didistribusikan oleh otoritas Indonesia dan memastikan vaksin dikirim ke daerah yang paling membutuhkan.

1. Dosis yang sesuai dengan jenis PMK di Indonesia

Satu Juta Dosis Vaksin PMK dari Australia Tiba di Indonesia Kunjungan Menteri Pertanian Australia, Murray Watt ke Indonesia. (IDN Times/Sonya Michaella)

Bantuan vaksin PMK ini merupakan komitmen Australia, untuk membantu Indonesia memerangi virus yang menyerang hewan ternak itu.

“Kami telah berhasil mencocokkan dosis sesuai dengan jenis PMK yang terdapat di Indonesia. Dosis ini akan sangat efektif memberikan perlindungan terhadap hewan ternak Indonesia,” kata Menteri Pertanian, Perikanan dan Kehutanan dan Menteri Penanggulangan Darurat, Murray Watt, dalam keterangan tertulis Kedutaan Besar Australia di Jakarta, kepada IDN Times, Selasa (30/8/2022).

“Ini adalah bagian dari pendekatan tiga cabang kami untuk menjaga Australia bebas dari PMK dan membantu negara tetangga kami menangani wabah, memperkuat perbatasan biosekuriti kami, dan meningkatkan kesiapsiagaan kami di dalam negeri,” lanjut dia.

Baca Juga: 100 Hari Pertama PM Albanese: Berjanji Naikkan Upah Buruh Australia 

2. Australia akan menambah bantuan vaksin PMK

Satu Juta Dosis Vaksin PMK dari Australia Tiba di Indonesia Menteri Luar Negeri RI Retno Marsudi dan Menteri Luar Negeri Australia Penny Wong. (dok. Kemlu RI)

Sementara itu, Menteri Luar Negeri Australia Penny Wong mengatakan, Negeri Kanguru akan kembali memasok vaksin PMK senilai 4,4 juta dolar Australia ke Indonesia.

Bantuan ini merupakan bagian paket biosekuriti senilai 10 juta dolar Australia yang baru-baru ini diumumkan untuk Indonesia.

“Keberhasilan pengiriman vaksin ini menunjukkan komitmen Australia untuk mendukung respons Indonesia terhadap wabah dan menekankan hubungan kerja sama yang erat antara kedua negara kita,” tutur Wong.

3. Senator sayap kanan Australia tuding Bali sumber penyebaran PMK

Senator sayap kanan Australia, Pauline Hanson sempat membuat heboh media sosial beberapa waktu lalu. Pasalnya, ia menyebut Bali adalah sebuah negara, bukan pulau atau provinsi.

Ucapannya ini keluar ketika ia membicarakan wabah PMK yang ada di Indonesia. Hanson menganggap, PMK terbawa ke Australia karena di Bali banyak kotoran sapi bertebaran.

Hanson secara terang-terangan mengatakan bahwa banyak kotoran sapi yang beterbangan di Bali dan menempel di pakaian turis yang akan masuk ke Australia. Secara tidak langsung, virus PMK masuk ke Australia.

Baca Juga: Australia Protes Pelaku Bom Bali Dapat Remisi Saat HUT RI

Topik:

  • Vanny El Rahman

Berita Terkini Lainnya