Sekjen ASEAN Temui Menlu China, Bahas Apa? 

Sekjen ASEAN mengunjungi China dan bertemu sejumlah pejabat

Jakarta, IDN Times - Sekretaris Jenderal ASEAN, Kao Kim Hourn, melakukan kunjungan ke China. Dalam lawatannya kali ini, Kao bertemu dengan sejumlah pejabat China, termasuk Menteri Luar Negeri Qin Gang.

"Tujuan utama kunjungan Kao adalah untuk menghadiri Boao Forum for Asia Annual Conference 2023 pada 24-29 Maret 2023," kata juru bicara Kementerian Luar Negeri China, Wang Wenbin, dikutip dari Xinhua, Kamis (30/3/2023).

Baca Juga: RI Ajak ASEAN Antisipasi Risiko Kripto dan Uang Digital

1. China bakal sepakati perjanjian Zona Bebas Nuklir di ASEAN

Dalam pertemuannya dengan Kao, Qin menegaskan China selalu siap untuk bekerja sama dengan ASEAN, terutama untuk ketertiban dan keamanan kawasan. China juga siap menjadi negara mitra pertama yang meneken Protokol Perjanjian Zona Bebas Senjata Nuklir Asia Tenggara.

"China juga menghargai komitmen 10 negara ASEAN dalam mempromosikan kerja sama yang saling menguntungkan di Belt and Road serta ASEAN Outlook on the Indo Pacific," ucap Qin.

2. Siap adopsi COC Laut China Selatan

Sekjen ASEAN Temui Menlu China, Bahas Apa? Personel penjaga pantai Filipina sedang mengamati armada milik China di daerah Sabina Shoal, Kepulauan Spratly, Laut China Selatan pada 27 April 2021. (Facebook.com/Philippines Coast Guard)

Selain itu, Kao dan Qin juga membahas terkait perkembangan pembahasan Code of Conduct (COC) Laut China Selatan. Awal bulan ini, pembahasan COC telah sukses digelar di Jakarta.

"China siap bekerja sama dengan ASEAN untuk menghilangkan campur tangan eksternal secara komprehensif dan efektif mengimplementasikan Declaration of Conduct (DOC) serta mengadopsi COC Laut China Selatan, untuk membangun perairan tersebut menjadi damai dan stabil," ujar Qin.

Menanggapi pernyataan Qin, Kao mengatakan China adalah salah satu mitra yang baik bagi ASEAN. Kao berharap, segala isu yang menghambat kerja sama kedua belah pihak, dapat segera dirampungkan.

3. Daya saing ASEAN akan meningkat beberapa tahun mendatang

Sementara itu, di Boao Forum 2023, Kao menyatakan bahwa ASEAN akan terus mendorong integrasi regional dan bekerja sama untuk mendorong pembangunan ekonomi dan perdagangan di kawasan. Dia yakin daya saing ASEAN akan menguat dalam beberapa tahun mendatang.

"ASEAN akan terus memperluas investasi, terutama di bidang ekonomi baru seperti ekonomi biru, ekonomi hijau, sumber daya berkelanjutan, dan digitalisasi untuk mendorong pembangunan," ucap Kao.

Baca Juga: ASEAN-China Harus Selesaikan Isu Politik demi Kemajuan Ekonomi 

Topik:

  • Satria Permana

Berita Terkini Lainnya