Sempat Hilang Sepekan, Tentara Taiwan Ditemukan di China 

Ada dugaan tentara ini membelot

Jakarta, IDN Times - Seorang tentara Taiwan yang sempat hilang selama sepekan kemarin telah ditemukan di sebuah pulau di dekat pantai China. Menteri Dewan Urusan Daratan Taiwan Chiu Tai San yang melaporkan kabar ini menduga sang tentara Taiwan telah membelot ke China.

“Tentara Taiwan yang bermarga Chen ini ada di China daratan,” kata Chiu, dikutip dari CNN, Senin (13/3/2023).

Baca Juga: Taiwan Waspadai Gerakan China yang Bisa Mendadak Masuk

1. Hilang selama sepekan

Kementerian Pertahanan Taiwan menyebutkan bahwa sebelumnya Tentara Taiwan bernama Chen ini dilaporkan hilang di Pulau Erdan. Kemenhan Taiwan juga sempat membentuk gugus tugas khusus untuk melakukan pencarian tentara tersebut.

Erdan, bagian dari Kepulauan Kinmen yang dikuasai Taipei, terletak kurang dari 5 kilometer dari kota pelabuhan Xiamen, tenggara Provinsi Fujian, China.

Baca Juga: CIA: China Siap-siap Invasi Taiwan pada 2027

2. Masih diselidiki apakan Chen benar membelot

Sempat Hilang Sepekan, Tentara Taiwan Ditemukan di China Desain baru paspor Taiwan (www.twitter.com/@MOFA_Taiwan)

Sementara itu, Chiu mengonfirmasi bahwa Kemenhan Taiwan kini sedang mengidentifikasi apakah benar Chen ini membelot ke China. Ia menambahkan bahwa pihak Taiwan dan China punya saluran komunikasi untuk menangani situasi darurat.

“Kemenhan dan administrasi penjaga pantai secara aktif memperhatikan situasi yang relevan,” ujar Chiu lagi.

Baca Juga: Bantu Perkuat Taiwan, Perusahaan Senjata AS Disanksi China

3. Pembelotan semakin sering terjadi

Sempat Hilang Sepekan, Tentara Taiwan Ditemukan di China Seorang anggota militer memegang bendera nasional Taiwan ketika pada upacara pengibaran bendera di Balai Peringatan Chiang Kai-shek, di Taipei, Taiwan (16/3/2018) (ANTARA/REUTERS/Tyrone Siu)

Pembelotan dari Taiwan ke China disebut kerap terjadi beberapa tahun terakhir. Pada 2002, Kemenhan Taiwan mencatat ada 20 kasus pembelotan ke China.

Para pembelot ini kabarnya diberi uang tunai. Sebagai contoh, pada tahun 1981, China menghadiahi 370 dolar AS kepada seorang anggota Angkatan Udara Taiwan yang membelot dengan pesawat pengintai buatan Amerika.

Para pembelot bahkan rela berenang dari Kinmen ke China. Jarak terdekat antara Kinmen dan China hanya kurang dari 2 kilometer, jika air sedang surut.

Topik:

  • Anata Siregar

Berita Terkini Lainnya