Singapura dan 3 Negara Lain Daftarkan Kebaya ke UNESCO, Gak Ada RI?

Indonesia juga disebut mendaftarkan kebaya ke UNESCO

Jakarta, IDN Times - Singapura bersama Malaysia, Thailand, dan Brunei Darussalam disebut akan menominasikan kebaya ke daftar warisan budaya tak benda UNESCO atau intangible cultural heritage list.

Dilansir dari Strait Times, Jumat (25/11/2022), National Heritage Board atau Dewan Warisan Nasional menyatakan, upaya Singapura dan tiga negara lainnya adalah nominasi multinasional pertama.

Namun, Indonesia sudah dikenal terlebih dahulu mengkampanyekan "Kebaya Goes to UNESCO", sejak beberapa bulan yang lalu.

Baca Juga: 9 Koleksi Kebaya Klasik Modern dari Rumah Kebaya by Eva Pudjo

1. Dijadwalkan penyerahan tahun depan

Upaya menominasikan kebaya dari empat negara ini dijadwalkan akan diserahkan pada Maret 2023.

“Kebaya adalah pakaian tradisional perempuan yang populer di negara tersebut,” kata NHB.

NHB juga menyatakan Malaysia telah mengusulkan dan mengoordikasikan nominasi multinasional ini. Gagasan ini disebut memang dibahas sebagai bagian dari rangkaian rapat kerja di antara sejumlah negara pada 2022.

2. Tak ada Indonesia di daftar negara pencalonan

Singapura dan 3 Negara Lain Daftarkan Kebaya ke UNESCO, Gak Ada RI?Parade "Cantik Berkebaya" oleh WNI dan Diaspora Indonesia di Washington DC, AS. (dok. KBRI Washington DC)

Sementara itu, Indonesia diketahui juga mendaftarkan kebaya dalam nominasi yang sama. Namun, dalam daftar negara ini tak ada nama Indonesia.

Sejumlah perwakilan Indonesia di luar negeri pun kerap mengampanyekan kebaya untuk masuk ke UNESCO sebagai warisan budaya tak benda.

Baca Juga: Kebaya Goes to UNESCO! 10 Gaya Kebaya Artis Indonesia 

3. Syarat masuk UNESCO sebagai warisan budaya tak benda

Singapura dan 3 Negara Lain Daftarkan Kebaya ke UNESCO, Gak Ada RI?inspirasi kebaya wisuda kekinian (instagram.com/dindasabilla)

UNESCO akan menilai nominasi berdasarkan definisi warisan budaya tak benda ini, dan seberapa baik dari empat negara ini memastikan promosi dan transmisi praktek terkait kebaya.

Hasil nominasi sendiri akan diumumkan pada akhir 2024.

Topik:

  • Rochmanudin

Berita Terkini Lainnya