Tak Terlihat di Parade Militer Korut, ke Mana Kim Jong-un?

Parade militer ini digelar pada malam hari

Jakarta, IDN Times - Korea Utara (Korut) baru saja merayakan hari ulang tahun ke-90 Tentara Rakyat Korea, Senin 25 April kemarin. Namun, sang pemimpin, Kim Jong-un tak terlihat. 

Sumber militer Korea Selatan (Korsel) mengatakan, pawai dimulai pada pukul 10 malam waktu setempat, setelah upacara pra-parade berjalan selama satu jam.

Sejak sore hari, kendaraan militer khas Korut juga terlihat berkumpul di Pyongyang. Puluhan anak muda yang membawa bendera Korut serta wanita yang mengenakan pakaian tradisional Korea berkumpul di alun-alun.

Baca Juga: Kim Jong-un Berkirim Surat dengan Presiden Korsel Moon Jae-in

1. Parade militer di malam hari

Tak Terlihat di Parade Militer Korut, ke Mana Kim Jong-un?Parade militer Korut diikuti oleh puluhan ribu personel militer. Ilustrasi (twitter.com/Anonymous)

Tak seperti tahun-tahun sebelumnya, pada tahun ini parade militer dirasa tak seramai dulu. 

Dilansir dari Yonhap, Selasa (26/4/2022), parade dimulai sekitar pukul 10 malam di Lapangan Kim Il-sung, Pyongyang.

Ini adalah ke-12 kalinya Korut menggelar parade militer sejak Kim Jong-un memimpin pada 2012.

Baca Juga: Kim Jong un Pastikan Korut Rancang Senjata Nuklir yang Lebih Kuat 

2. Kim Jong-un tak terlihat

Tak Terlihat di Parade Militer Korut, ke Mana Kim Jong-un?Pemimpin Korea Utara Kim Jong-un meninjau uji sistem peluncuran roket ganda super besar dalam gambar tanpa tanggal yang dirilis Kantor Berita Pusat Korea Utara (KCNA) pada 28 November 2019. ANTARA FOTO/KCNA via REUTERS

Parade militer ini juga dilaporkan tak disertai pidato dari Kim Jong-un. Menurut laporan militer Korsel, Kim Jong-un pun tak terlihat.

Berdasarkan citra satelit Korsel, parade semalam dinilai sebagai acara terbesar di Korut, di mana ada sekitar 250 kendaraan untuk latihan.

Namun, saat perayaan ulang tahun Kim Il-sung dan Kim Jong-il, Korut tak menampilkan parade militer seperti sebelumnya.

Baca Juga: Utusan AS ke Korsel, Bahas Rudal Korut yang kian Menggila

3. Tentara Korut tak terkalahkan

Tak Terlihat di Parade Militer Korut, ke Mana Kim Jong-un?Seorang tentara berjalan di tepian sungai di pusat kota Pyongyang, Korea Utara. (ANTARA FOTO/REUTERS/Damir Sagolj)

Tentara Korut adalah kekuatan yang tak terkalahkan, demikian klaim Pyongyang sebelum perayaan ini digelar. Parade ini juga menandani sejarah pencapaian militer Korut.

Parade militer dilaporkan berakhir pada pukul 11.36 malam waktu setempat, dengan ditandai adanya kembang api.

Topik:

  • Hana Adi Perdana

Berita Terkini Lainnya