Tangani Kasus WNI Disekap, Menlu Retno Temui Mendagri Kamboja 

Indonesia minta Kamboja bekerja sama dalam nota kesepahaman

Jakarta, IDN Times - Menteri Luar Negeri (Menlu) RI, Retno Marsudi, melakukan pertemuan dengan Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Kamboja, Krolahom Sar Kheng, untuk membicarakan 129 Warga Negara Indonesia (WNI) yang menjadi korban lowongan kerja bodong.

Menlu Retno mengapresiasi kerja sama dengan pemerintah Kamboja dalam misi penyelamatan WNI dari Sihanoukville, pekan lalu.

1. Menlu Retno mendorong penyelesaian perundingan dengan Kamboja

Tangani Kasus WNI Disekap, Menlu Retno Temui Mendagri Kamboja Menlu RI, Retno Marsudi bertemu dengan 62 WNI korban penyekapan di Kamboja. (dok. KBRI Phnom Penh)

Dalam pertemuan tersebut, Menlu Retno menyampaikan perlunya percepatan pemulangan para korban, penanganan kasus-kasus serupa yang dialami WNI lainnya di Kamboja, dan langkah-langkah pencegahan perdagangan manusia.

“Saya mendorong penyelesaian segera perundingan nota kesepahaman Indonesia-Kamboja mengenai pemberantasan kejahatan lintas negara,” kata Menlu Retno, Sabtu (6/8/2022).

Nota kesepahaman akan menjadi dasar kerja sama yang lebih erat untuk memberantas kasus Tindak Pidana Perdagangan Orang (TPPO), utamanya dalam hal pencegahan (prevention), perlindungan korban (protection), penegakan hukum terhadap pelaku TPPO (persecution), dan koherensi kebijakan penanganan TPPO (policy coherence)

Adapun Mendagri Kamboja bersedia mendukung upaya percepatan pemulangan korban WNI, penanganan korban WNI lainnya, dan penyelesaian perundingan nota kesepahaman.

Baca Juga: Menlu Retno Temui 62 WNI Korban Penyekapan di Kamboja 

Baca Juga: Menlu Retno dan Menlu China Bahas Penguatan Kerja Sama ASEAN

2. Kloter pertama WNI korban loker bodong telah tiba di Indonesia

Tangani Kasus WNI Disekap, Menlu Retno Temui Mendagri Kamboja 12 WNI korban loker bodong Kamboja tiba di Indonesia. (dok. Kemlu RI)

Sementara itu, Kementerian Luar Negeri (Kemlu) RI memulangkan 12 WNI yang menjadi korban lowongan kerja bodong di Kamboja ke Indonesia, kemarin. Pemulangan ini merupakan tahap pertama sejak mereka dibebaskan pada 30 Juli 2022 kemarin.

Mereka telah tiba pada Jumat (5/8/2022) malam di Bandara Soekarno Hatta dengan maskapai penerbangan Garuda Indonesia.

“Pemulangan tahap selanjutnya akan dilaksanakan segera dalam beberapa hari ke depan menyesuaikan ketersediaan penerbangan,” kata Direktur Perlindungan WNI Kemlu RI, Judha Nugraha.

3. 12 WNI diinapkan di Trauma Center Kemensos RI

Tangani Kasus WNI Disekap, Menlu Retno Temui Mendagri Kamboja 12 WNI korban loker bodong tiba di Indonesia. (Dok. Kemlu RI)

Selama berada di Phnom Penh, para korban ditampung sementara di tempat yang disediakan oleh KBRI. Mereka juga dilakukan asesmen awal guna mengetahui kondisi fisik dan psikologis para korban, serta informasi lainnya yang dapat dimanfaatkan bagi kepentingan penanganan rehabilitasi korban dan penegakkan hukum bagi perekrut.

Ke-12 orang tersebut akan diinapkan di Rumah Perlindungan dan Trauma Center (RPTC) Kementerian Sosial RI guna penanganan selanjutnya. Kementerian Luar Negeri juga berkoordinasi dengan Kepolisian RI untuk mendalami kasus ini, termasuk dugaan TPPO.

Pascarehabilitasi di RPTC, ke-12 WNI tersebut akan dipulangkan ke daerah asal masing-masing, yakni ke Sumatera Utara, Sumatera Barat, Sumatera Selatan, Kepulauan Riau, Jawa Timur, dan Sulawesi Selatan.

Baca Juga: 12 WNI Korban Loker Bodong Kamboja Dipulangkan Hari Ini 

Baca Juga: Buntut Penyekapan WNI, Menlu RI Temui Kepolisian Kamboja

Topik:

  • Deti Mega Purnamasari

Berita Terkini Lainnya