Tanggapi Rudal Korut, AS-Korsel Balas Tembak 8 Rudal 

Tembakan rudal ini terjadi di pantai timur Korsel

Jakarta, IDN Times - Amerika Serikat (AS) dan Korea Selatan (Korsel) menembakkan delapan rudal ke permukaan di lepas laut pantai timur Korsel sebagai tanggapan atas peluncuran rudal Korea Utara (Korut).

Korut kembali melakukan uji peluncuran rudal balistiknya pada Minggu (5/6/2022). Sejauh ini yang terdeteksi, delapan rudal yang diluncurkan itu berasal wilayah dekat ibu kota Pyongyang.

Uji peluncuran rudal Korut yang terbaru itu dilakukan persis setelah Korsel dan AS mengakhiri latihan militer gabungan yang melibatkan kapal induk bertenaga nuklir.

Baca Juga: Rusia Uji Tembak Rudal Hipersonik Zircon, Putin: Tak Tertandingi!

1. Kesiapan untuk menghadapi ancaman Korut

Tanggapi Rudal Korut, AS-Korsel Balas Tembak 8 Rudal BBC

Militer Korsel mengatakan peluncuran rudal tersebut merupakan tanggapan atas peluncuran rudal Korut dan mengantisipasi ancaman dari negara komunis tersebut.

"Peluncuran tersebut merupakan demonstrasi kemampuan dan kesiapan untuk melakukan serangan presisi terhadap sumber peluncuran rudal Korut," sebut militer Korsel, dikutip dari Yonhap, Senin (6/6/2022).

Militer Korsel dan AS menembakkan delapan rudal selama 10 menit sekitar pukul 04.45 pada pagi tadi. Peluncuran ini telah dikonfirmasi oleh pejabat Kementerian Pertahanan Korsel.

Peluncuran rudal ini terdiri dari satu rudal Angkatan Darat AS dan tujuh dari Korsel.

2. Rudal yang diluncurkan Korut merupakan rudal jarak pendek

Tanggapi Rudal Korut, AS-Korsel Balas Tembak 8 Rudal Instagram

Pada 2022, Korut terus melakukan uji coba peluncuran rudal balistik buatannya. Beberapa rudal balistik itu memiliki kemampuan yang dapat membawa hulu ledak nuklir.

Pada Minggu, Pyongyang kembali meluncurkan rudal balistik dan ditembakkan ke arah Laut Timur atau Laut Jepang. Aktivitas itu segera terdeteksi oleh negara tetangga Korsel dan Jepang.

Rudal itu diluncurkan dari daerah Sunan di ibu kota Pyongyang. Rudal balistik yang ditembakkan adalah rudal balistik jarak pendek.

Baca Juga: Makin Intens! Korut Tembak 3 Rudal Balistik ke Laut Jepang 

3. Uji coba peluncuran rudal ke-18

Tanggapi Rudal Korut, AS-Korsel Balas Tembak 8 Rudal nknews.org

Sepanjang 2022, serangkaian uji coba peluncuran rudal balistik telah dilakukan oleh pemerintahan Kim Jong Un. Sampai peluncuran delapan rudal hari ini, tercatat sebagai uji coba ke-18 sepanjang tahun ini.

Para pejabat Seoul dan Washington mengatakan ada tanda-tanda bahwa Pyongyang juga akan melanjutkan persiapan di tempat uji coba nuklir di kota Punggye-ri. Jika dilaksanakan, uji coba nuklir selanjutnya bakal menjadi uji coba ketujuh sejak tahun 2006 lalu.

Peluncuran delapan rudal Korut yang terbaru dilakukan persis setelah Korsel dan AS menyelesaikan latihan militer gabungan yang melibatkan kapal induk bertenaga nuklir Ronald Reagan. 

Korea Utara telah melontarkan kritik atas latihan bersama Korsel-AS sebelumnya, sebagai contoh kebijakan bermusuhan yang berkelanjutan yang terus dilakukan oleh Washington terhadap Pyongyang.

Topik:

  • Rendra Saputra

Berita Terkini Lainnya