Terkuak! Wali Kota Ukraina Diduga Membelot ke Rusia 

Wali Kota Sviatohirsk Volodymyr Bandura diduga berkhianat

Jakarta, IDN Times - Wali Kota Sviatohirsk, Ukraina, yang bernama Volodymyr Bandura, kini tengah menjadi sorotan di Ukraina. Pasalnya, ia diduga berkhianat ke Rusia dan mendukung invasi Rusia ke negaranya sendiri.

Sviatohirsk sendiri terletak di Donetsk, wilayah yang digempur Rusia dalam beberapa bulan terakhir. Rusia berkeinginan untuk mengambil alih Donetsk dan Luhask seutuhnya. Dua wilayah ini bisa disebut wilayah Donbas.

Baca Juga: Perang Ukraina Terkini: Rusia Kuasai 20 Persen Ukraina

1. Bandura mempromosikan ide Rusia

Terkuak! Wali Kota Ukraina Diduga Membelot ke Rusia Presiden Rusia, Vladimir Putin. twitter.com/KremlinRussia_E

Menurut keterangan kantor Jaksa Agung Ukraina, Bandura telah diinvestigasi karena membelot ke Moskow. Bandura juga disebut mempromosikan ide-ide Rusia.

Dikutip dari CNN, Kamis (16/5/2022), Bandura terpilih menjadi Wali Kota Sviatohirsk pada tahun lalu. Sviatohirsk diketahui saat ini sudah berada dalam cengkeraman Rusia.

Baca Juga: Xi Jinping Telepon Putin, Tegaskan Dukungan China untuk Rusia 

2. Menyerang Presiden Ukraina

Bandura juga sempat melontarkan klaim yang memojokkan Presiden Ukraina Volodymyr Zelenskyy. Ia mengatakan bahwa Ukraina juga membunuh para pendeta dan biksu.

“Saya ingin mengatakan bahwa ada informasi yang terverifikasi di mana Ukraina membunuh pendeta dan biksu. Mereka menutupi fakta ini,” ucap Bandura.

Dia menambahkan bahwa pasukan Ukraina juga melakukan kriminal dan menjarah sejumlah toko.

Baca Juga: Zelenskyy: Ukraina Menang Perang jika Berhasil Rebut Kembali Krimea

3. Bandura mendesak Zelenskyy membuka dialog

Terkuak! Wali Kota Ukraina Diduga Membelot ke Rusia Presiden Ukraina, Vlodymyr Zelensky. (twitter.com/ZelenskyyUa)

Selain itu, Bandura juga mendesak Zelenskyy agar membuka dialog damai dengan Rusia dan berhenti berperang. Sejumlah media Rusia melaporkan bahwa Bandura telah lama memiliki koneksi dengan pemimpin kelompok separatis pro-Rusia di Donetsk.

Disebutkan pula, Bandura bersikeras untuk membebaskan Donetsk dari pasukan Ukraina dan mendukung operasi militer khusus.

Topik:

  • Anata Siregar

Berita Terkini Lainnya