Comscore Tracker

Thailand Bakal Anggap COVID-19 Seperti Flu Biasa 

Mekanisme baru ini akan diberlakukan mulai Oktober 2022

Jakarta, IDN Times - Pemerintah Thailand menyatakan akan menganggap virus COVID-19 seperti virus flu biasa, mulai Oktober 2022 mendatang.

Ini berarti, virus COVID-19 di Thailand akan masuk ke kategori yang sama dengan virus influenza, di mana para warga Negeri Gajah Putih tersebut diimbau tak perlu khawatir.

Baca Juga: Waspada! Kucing Bisa Tularkan COVID-19 ke Manusia, Terjadi di Thailand

1. Kategori virus COVID-19 juga diturunkan

Thailand Bakal Anggap COVID-19 Seperti Flu Biasa Ilustrasi Big Buddha, Thailand (IDN Times/Dwifantya Aquina)

Dilansir dari South China Morning Post, Sabtu (20/8/2022), kategori virus COVID-19 sendiri juga diturunkan dari kategori berbahaya ke kategori perlu pemantauan pada Oktober nanti.

Menteri Kesehatan Thailand Anutin Charnvirakul mengatakan, penetapan terkait COVID-19 ini seiring dengan perkembangan kasus di Thailand.

"Kebijakan ini menunjukkan kesiapan dan ketersediaan sistem kesehatan Thailand dalam menanggapi COVID-19," kata Charnvirakul.

Ia menambahkan, tindakan pencegahan virus COVID-19 sudah sesuai di masyarakat.

2. Thailand susun rencana manajemen pasca-pandemik

Thailand Bakal Anggap COVID-19 Seperti Flu Biasa Ilustrasi Suasana Bangkok, Thailand (IDN Times/Dwifantya Aquina)

Selain itu, ujar dia, Thailand bakal menyusun rencana manajemen pasca-pandemik. Dalam rencana yang masih digodok tersebut, disebutkan bahwa Thailand akan mengizinkan rumah sakit swasta memberikan obat antivirus secara langsung.

Pemerintah menyatakan juga bahwa kasus COVID-19 yang parah, sudah mulai menurun di Thailand dan akan diperkirakan terus menurun di bulan ini.

3. Thailand bebas masker di luar ruangan

Thailand Bakal Anggap COVID-19 Seperti Flu Biasa Ilustrasi Suasana Bangkok, Thailand (IDN Times/Dwifantya Aquina)

Thailand juga telah mencabut aturan memakai masker di luar ruangan per 1 Juli 2022 kemarin. Bahkan, Thailand juga telah mengizinkan para wisatawan asing untuk masuk.

Kasus baru COVID-19 di Thailand per hari ini, menurut Worldometers, terhitung ada 2.110 kasus.  Sementara itu, ada 27 kasus kematian baru dan 2.028 kasus kesembuhan. Total kasus COVID-19 di Thailand, sejak pertama kali pandemik melanda adalah 4.630.310 kasus.

Topic:

  • Sunariyah

Berita Terkini Lainnya