Ukraina Klaim Berhasil Rebut 8.000 Km Wilayahnya dari Rusia 

Saat ini Ukraina memusatkan serangan di timur

Jakarta, IDN Times - Ukraina menyatakan telah merebut kembali wilayahnya sekitar 8.000 kilometer persegi di wilayah timur laut dari pasukan Rusia.

“Seluruh wilayah Donetsk akan dibebaskan,” tegas Presiden Ukraina Volodymyr Zelenskyy, dikutip dari Al Jazeera, Kamis (15/9/2022).

1. Pasukan Ukraina terus merangsek ke timur

Ukraina Klaim Berhasil Rebut 8.000 Km Wilayahnya dari Rusia Presiden Ukraina Volodymye Zelenskyy dan Presiden Rusia Vladimir Putin (readingsexy.com)

Selain itu, Zelenskyy menegaskan bahwa pasukannya bersiap untuk merebut kota strategis Izyum dan terus merangsek ke bagian timur yang selama ini diduduki oleh pasukan Rusia.

“Setengah dari wilayah yang kami rebut kembali sedang menerapkan langkah-langkah stabilisasi,” tambah Zelenskyy lagi.

Sementara itu, sekutu Ukraina, termasuk Amerika Serikat, kini dilaporkan sedang mempertimbangkan untuk mengirim tank tempur dan kendaraan infanteri ke Ukraina.

Baca Juga: Perang Ukraina Terkini: Rusia Kuasai 20 Persen Ukraina

2. Rusia akan tetap melanjutkan serangan ke Ukraina

Ukraina Klaim Berhasil Rebut 8.000 Km Wilayahnya dari Rusia Juru bicara Kremlin Dmitry Peskov (Twitter.com/Russian Embassy, IDN)

Pernyataan Zelenskyy ini pun ditanggapi oleh Rusia. Sebelumnya Zelenskyy mengklaim pasukannya berhasil memukul mundur pasukan Moskow dari Kharkiv.

“Operasi militer khusus akan berlanjut terus hingga tujuan tercapai,” kata juru bicara Kremlin, Dmitry Peskov.

Kementerian Pertahanan Rusia menegaskan bahwa pasukan Kremlin kini telah melancarkan serangan ‘presisi tinggi’ ke arah pasukan Ukraina.

“Serangan udara, roket, dan artileri telah dilancarkan secara besar-besaran terhadap angkatan bersenjata Ukraina di semua arah,” kata Kemenhan Rusia.

Salah satu serangan yang diluncurkan mengarah ke Sloviansk dan Konstantinovka, wilayah timur Donetsk.

Baca Juga: Ukraina Mulai Bangkit, UE Sebut Industri Militer Rusia Compang-Camping

3. Pasukan Ukraina berhasil merebut sejumlah wilayah

Ukraina Klaim Berhasil Rebut 8.000 Km Wilayahnya dari Rusia Tentara Ukraina terlihat di samping kendaraan lapis baja yang hancur, yang menurut mereka milik tentara Rusia, di luar Kharkiv, Ukraina, Kamis (24/2/2022). ANTARA FOTO/REUTERS/Maksim Levin

Pada akhir Agustus kemarin, Penasihat Presiden Ukraina Volodymyr Zelenskyy, Oleksiy Arestovych, mengatakan bahwa pasukannya telah menembaki kapal feri yang digunakan Kremlin untuk memasok pasukan Rusia di wilayah Kherson.

Pasukan Ukraina juga mengklaim telah menembus garis pertahanan pertama Rusia. Mereka mengumumkan aksi serangan balasan di front selatan untuk merebut kembali wilayah Kherson.

Angkatan bersenjata Ukraina telah beberapa kali meluncurkan serangan di front selatan, termasuk sebelum operasi merebut Kherson dilakukan. Pejabat Kiev mengatakan, mereka menggunakan sistem roket HIMARS yang dipasok dari AS.

Topik:

  • Rendra Saputra

Berita Terkini Lainnya